Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ISLAMIC ATTRIBUTES,
DESTINATION IMAGE,
SCEPTICISM, PERCEIVED VALUE,
DAN HALAL AWARENESS TERHADAP
NIAT MELAKUKAN...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Islamic attributes, Destination Image, Scepticism, Perceived Value, dan Halal Awareness Terhadap Niat Melakukan Perjalanan Wisata Luar Negeri ke Negara Ramah Muslim

Nur Adinda Kurnia Rachmawati - ; Sri Daryanti (Pembimbing/Promotor) - ; Arga Hananto (Penguji) - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Penguji) - ;

Industri pariwisata halal mengalami pertumbuhan yang signifikan dan menjadi segmen penting dalam industri pariwisata global. Hal ini didorong oleh meningkatnya populasi Muslim dan daya beli mereka yang memperkuat permintaan akan layanan wisata yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Wisatawan muslim Indonesia di usia 17-64 tahun menjadi pasar yang potensial bagi destinasi wisata asing. Penelitian ini bertujuan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi niat wisatawan muslim Indonesia dalam melakukan perjalanan wisata luar negeri ke negara ramah muslim. Desain penelitian ini adalah deskriptif, menggunakan metode PLS-SEM dengan software SmartPLS3. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Kriteria responden meliputi Warga Negara Indonesia (WNI), beragama Islam, berusia minimal 17 tahun, dan pernah melakukan perjalanan wisata ramah Muslim ke luar negeri dalam lima tahun terakhir. Dari 350 sampel yang telah diteliti, ditemukan bahwa destination image, emotional value, dan functional value memberikan pengaruh langsung terhadap intention to engage in muslim-friendly travel. Emotional value tidak memediasi hubungan antara Islamic attributes terhadap intention to engage in muslim-friendly travel, tetapi scepticism dan functional value memediasi hubungan antara Islamic attributes terhadap intention to engage in muslim-friendly travel. Scepticism memiliki pengaruh negatif terhadap intention to engage in muslim-friendly travel.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15171PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekDestination image
islamic attributes
Muslim Friendly Tourism
Intention to Engage in Muslim-Friendly Travel
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 160 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?