Strategi Peningkatan Kinerja UMKM Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kesiapan Organisasi, Manajemen Pengetahuan, dan Adopsi E-commerce
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penyumbang terpenting bagi perekonomian Indonesia. Di era digital, pemanfaatan e-commerce menjadi salah satu strategi untuk menghadapi persaingan dalam dunia bisnis yang semakin meningkat. Namun, UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai kendala, terutama terkait penguasaan teknologi yang masih lemah dan pemanfaatan e-commerce yang belum optimal di dalam bisnis. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan penyelidikan terhadap beberapa faktor yang mana dapat mendorong peningkatan kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh orientasi kewirausahaan, kesiapan organisasi, manajemen pengetahuan, dan adopsi e-commerce yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja UMKM di era digital. Metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan di antara variabel-variabel ini adalah Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian ini melibatkan 241 pemilik/pengelola UMKM yang telah mengadopsi e-commerce dalam bisnisnya di industri makanan dan minuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan organisasi, orientasi kewirausahaan, manajemen pengetahuan, dan adopsi e-commerce dapat meningkatkan kinerja UMKM yang menjalankan bisnis di industri makanan dan minuman. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan sumber daya internal organisasi secara optimal guna mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan kinerja bisnis yang superior
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 129/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Tidak tersedia versi lain