Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
MENINGKATKAN KECENDERUNGAN
PEMBELIAN IMPULSIF DALAM
LIVE STREAMING DI
E-COMMERCE: PERAN CUSTOMER
ENGAGEMENT, EMOTIONAL S...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Meningkatkan Kecenderungan Pembelian Impulsif dalam Live Streaming di E-commerce: Peran Customer Engagement, Emotional Support,dan Deal Proneness

Enhancing Impulsive Buying Tendency in Live Streaming E-commerce: The Role of Customer Engagement, Emotional Support, and Deal Proneness

Asry Prida Putri Sihombing - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rhenald Kasali (Penguji) - ;

"E-commerce di Indonesia tidak hanya berkembang pesat namun juga inovatif. Live-streaming kini menjadi alat pemasaran bisnis dan kekuatan yang kemudian mendorong pertumbuhan dan perkembangan penjualan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk memahami fak¬¬tor-faktor yang memengaruhi pembelian impulsif dalam live streaming commerce (LSC) di Indonesia menggunakan pendekatan model ELM (Elaboration Likelihood Model) dan teknik analisis Smart PLS 4 dengan model reflektif normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas streamer, penularan resonansi, dan emotional support secara positif memengaruhi keterlibatan pelanggan (customer engagement), yang pada gilirannya memengaruhi kecenderungan pembelian impulsif. Kualitas informasi produk dan kualitas interaksi streamer tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif.
Customer engagement terbukti memediasi hubungan antara kredibilitas streamer, penularan resonansi, dan emotional support dengan kecenderungan pembelian impulsif. Kecenderungan mencari penawaran memoderasi hubungan antara customer engagement dan kecenderungan pembelian impulsif, di mana hubungan ini menjadi lebih kuat ketika pelanggan semakin responsif terhadap penawaran."


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 130/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
Penerbit: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekCustomer engagement
Live streaming commerce
Impulsive Buying Tendency
Emotional Support
Deal Proneness
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 109 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?