Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
INTENSI PEMBELIAN APARTEMEN
DI JAKARTA BAGI GENERASI
MILENIAL DAN GENERASI Z
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Intensi Pembelian Apartemen di Jakarta Bagi Generasi Milenial dan Generasi Z

Arsyad Ratliff Pramadhi - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa yang mendorong niat membeli apartemen di Jakarta. Variabel terdiri dari variable independen berupa variabel overconfidence dan variabel herding, variabel mediasi berupa financial factor, variabel moderasi berupa generational affiliation, serta variabel dependen berupa buying intention. Kuesioner disebar secara daring di seluruh wilayah Jakarta dan sebanyak 221 reponden telah terkumpul. Responden terbagi menjadi 2 kelompok, yakni 125 responden Generasi Z dan 96 responden Generasi Milenial. Responden dari penelitian ini lebih didominasi oleh jenis kelamin pria. Sebagian besar kelompok usia responden adalah 22-27 tahun. Untuk wilayah domisili responden sendiri didominasi oleh kota madya Jakarta Selatan. Sementara itu, untuk pendapatan per bulan didominasi oleh kelompok responden dengan pendapatan Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000 per bulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa herding dan financial factor memiliki efek positif terhadap buying intention apartemen di Jakarta. Overconfidence dan herding mempengaruhi buying intention melalui mediasi. Generational affiliation hanya memoderasi hubungan antara overconfidence dan financial factor.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15227PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekApartment
Buying Intention
Herding
Overconfidence
Financial factor
Generational Affiliation
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 101 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?