Skripsi
Dengan meningkatnya popularitas sneakers dari brand lokal akhir-akhir ini, sangat penting bagi brand lokal untuk mengetahui strategi brand equity yang efektif agar dapat bersaing dengan brand global yang telah lebih dahulu berada di industri footwear. Dengan mengidentifikasi dan membandingkan elemen-elemen seperti brand experience, brand love, dan brand engagement, penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana setiap aspek tersebut berkontribusi terhadap pembentukan brand equity yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan membandingkan dampak dari elemen-elemen ini terhadap brand equity di antara brand sneaker global dan lokal di Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian konsklusif deskriptif cross-sectional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei yang dilakukan terhadap 688 responden melalui kuesioner online. Metode sampling yang diimplementasikan pada penelitian ini adalah non-probability sampling (purposive) dengan kriteria responden 18 tahun keatas, berdomisili di Jabodetabek, dan pernah menggunakan sepatu dari brand Converse atau Compass. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Partial Least Square Structural Equation Model (PLS- SEM) dengan menggunakan software SPSS 26 dan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand experience, brand love, dan brand engagement memiliki efek positif terhadap brand equity di kedua brand sepatu sneakers.Pengalaman menggunakan brand, kecintaan terhadap brand, dan keterlibatan konsumen secara positif mempengaruhi nilai brand untuk kedua brand sepatu sneakers, Converse dan Compass. Ditemukan juga adanya peran penting brand love dalam memediasi variabel- variabel tersebut, terutama brand experience yang ditemukan tidak memiliki efek signifikan secara langsung terhadap brand equity. Hal ini menegaskan bahwa kecintaan terhadap brand memainkan peran penting dalam hubungan antara pengalaman menggunakan merek dan keterlibatan konsumen serta nilai merek. Meskipun pengalaman menggunakan brand tidak secara langsung mempengaruhi nilai brand, menciptakan pengalaman yang berkesan dan membangun hubungan emosional yang kuat melalui kecintaan terhadap brand sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dan memperkuat nilai brand.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
S 15234 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brand equity Brand experience Brand engagement Brand love Sneakers |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xv, 194 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Skripsi |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |