Tesis
Efisiensi Pengelolaan Anggaran Pendidikan SMA/K dan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia
Pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan suatu negara. Selama satu dekade terakhir, terdapat peningkatan anggaran pendidikan khususnya di tingkat pemerintah daerah, namun hal tersebut tidak sejalan dengan peningkatan capaian pendidikan. Guna melihat sejauh mana keberhasilan dari pengelolaan anggaran yang dijalankan pemerintah daerah, maka perlu melakukan pengukuran efisiensi dengan melihat peningkatan output dari adanya input anggaran pendidikan. Studi ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) untuk mengukur keberhasilan efisiensi tersebut. Hasil dari nilai efisiensi kemudian dijadikan sebagai Variabel Dependen dalam Regresi Tobit guna mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pengelolaan anggaran pendidikan di level provinsi. Data yang digunakan adalah data dari 33 provinsi selama periode 2016-2019. Pemilihan objek penelitian di level SMA/K dikarenakan sejak tahun 2014 pemerintah membuat kebijakan baru yakni Undang Undang nomor 23 tahun 2014 terkait pemindahan kewenangan penyelenggaraan urusan pendidikan tingkat SMA/K sederajat yang sebelumnya dipegang oleh pemerintah kabupaten/kota menjadi urusan pemerintah Provinsi. Hasil DEA menunjukan terdapat 9 provinsi yang memiliki rata rata nilai efisien sempurna dari tahun 2016-2019. Sedangkan terdapat 16 provinsi dengan nilai efisiensi di bawah rata rata dari tahun 2016-2019. Dari analisa oslack, studi ini juga menunjukkan identifikasi inefisiensi atas masing-masing output, yaitu Angka Partisipasi Murni (APM) dan Nilai Ujian Nasional (UN) untuk masing-masing provinsi. Misalnya dengan input yang sama, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki potensi peningkatan output UN sebesar 6,03 poin dan Provinsi Papua memiliki potensi peningkatan output APM sebesar 12,4%. Sementara itu, melalui analisa Tobit, studi ini juga menunjukkan faktor yang mempengaruhi efisiensi anggaran pendidikan yaitu PDRB, Density, Provinsi Tertinggal (PTT), dan Program Indonesia Pintar (PIP)
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 144/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Efficiency Data envelopment analysis High School Education Budget |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | x, 65 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |