Tesis
UTAUT dan In-App Purchase : Mengungkap Faktor yang Mendorong Pengguna Beralih ke Versi Premium pada Aplikasi Kencan Online
Penggunaan internet terus meningkat setiap tahun. Pada 2022, ada 5,3 miliar pengguna internet, mencakup 66% populasi dunia. Kehadiran internet mempermudah interaksi sosial dan keterlibatan dalam kegiatan sosial melalui komunitas online dan forum diskusi. Salah satunya adalah aplikasi kencan online yang menjadi media untuk mencari pasangan. Aplikasi kencan online menawarkan dua versi: basic dan premium. Meskipun aplikasi kencan menawarkan fitur premium, adopsi versi berbayar masih rendah. Untuk menarik lebih banyak pengguna, aplikasi kencan menyediakan versi gratis dengan harapan mereka beralih ke versi berbayar setelah melihat nilai tambahnya. Namun, peningkatan adopsi versi berbayar tetap tidak signifikan. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna beralih ke versi premium aplikasi kencan online. Penelitian ini mengumpulkan data primer dari survei online dan diolah menggunakan SPSS dan SEM PLS. Dari 262 sampel yang diuji, ditemukan bahwa habit, quality, social value, dan satisfaction with dating service experience berpengaruh terhadap continuance intention. Selain itu, economic value, quality, satisfaction with dating service experience, dan continuance intention ditemukan berpengaruh terhadap purchase intention.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 161/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Dating App In-App Purchase Premium Version Mobile App |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xviii, 153 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |