Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR
TERHADAP DINAMIKA PERILAKU
KONSUMEN DALAM KONTEKS
PRODUK KEUANGAN: PERAN
MEDIASI FINANCIAL RISK T...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Tinjauan Faktor-faktor terhadap Dinamika Perilaku Konsumen dalam Konteks Produk Keuangan: Peran Mediasi Financial Risk Tolerance dan Moderasi Emotional Intelligence

Garnet Dana Wiranata - ; T. Ezni Balqiah (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pengaruh faktor psikologis & sosial (psiko-sosial) serta faktor kognitif berupa financial literacy terhadap financial risk tolerance dan financial behavior konsumen. Penelitian ini juga menguji peran financial risk tolerance sebagai mediasi dari pengaruh faktor-faktor prediktor terhadap financial behavior, serta moderasi emotional intelligence pada pengaruh financial literacy terhadap financial risk tolerance dan financial behavior. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan total responden penelitian yang valid sebanyak 349 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk menguji 17 hipotesis. Hasil pengolahan data dengan menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) memperlihatkan trust dan family financial socialization memiliki pengaruh terhadap financial risk tolerance. Disisi lain variabel prediktor seperti financial literacy, financial threat, deliberative thinking, dan optimism tidak memiliki pengaruh signifikan pada financial risk tolerance. Secara langsung financial literacy dan family financial socialization serta financial risk tolerance mempengaruhi financial behavior. Dalam penelitian ini ditemukan peran mediasi financial risk tolerance, pada pengaruh hubungan trust, dan family financial socialization terhadap financial behavior. Selanjutnya, peran moderasi dari emotional intelligence memiliki pengaruh pada financial literacy terhadap financial risk tolerance dan financial behavior. Penelitian ini memberikan kontribusi baik teoritis dan manajerial yang dapat digunakan bagi para marketer dan stakeholder untuk memperhitungkan peran faktor psiko-sosial terhadap pengambilan keputusan keuangan individu.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 169/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekFinancial literacy
Emotional Intelligence
Financial Behavior
Financial Risk Tolerance
Psychosocial
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 143 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?