Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ETHNOCENTRISM,
BRAND POPULARITY DAN COUNTRY
OF ORIGIN TERHADAP PURCHASE
INTENTION PRODUK KOSMETIK
& SKINCARE LO...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Pengaruh Ethnocentrism, Brand Popularity dan Country of Origin terhadap Purchase Intention Produk Kosmetik & Skincare Lokal Indonesia : Peran Mediasi Brand Equity

Inayatul Izzati Diana Yusuf - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Pembimbing/Promotor) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ; Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ;

Pemasar internasional menghadapi tantangan di pasar berkembang seperti Indonesia, di mana pertumbuhan ekonomi yang cepat telah terjadi. Pertumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh globalisasi, yang memainkan peran krusial dalam menyediakan konsumen dengan berbagai alternatif produk dari seluruh dunia, khususnya di industri kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh ethnocentrism, brand popularity, dan country of origin terhadap purchase intention konsumen Indonesia yang dimediasi oleh brand equity untuk produk kosmetik dan skincare lokal Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei online dengan jumlah sampel 463 pengguna kosmetik dan skincare lokal Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui SmartPLS 4.1.0.2 untuk menguji hipotesis yang sedang dikembangkan. Sampel penelitian ini merupakan konsumen Indonesia yang berusia diatas 17 tahun serta telah menggunakan atau membeli kosmetik dan skincare lokal Indonesia minimal enam bulan terakhir. Temuan dari studi ini mengungkapkan bahwa consumer ethnocentrism, brand popularity, dan country of origin berpengaruh positif terhadap brand awarenss, brand loyalty, brand association dan perceived quality. Selain itu, tiga dimensi brand equity kecuali perceived quality berpengaruh positif terhadap brand equity, dan brand equity berpengaruh positif terhadap purchase intention. Temuan ini memberikan wawasan bagi marketer tentang pentingnya mengembangkan strategi yang memperkuat brand equity untuk meningkatkan niat pembelian konsumen serta memanfaatkan ethnocentrism dan country of origin sebagai alat pemasaran.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 191/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekBrand equity
Purchase intention
Country of origin
Brand popularity
Ethnocentrism
Cosmetic and Skincare
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 119 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?