Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FACTORS INFLUENCING BUSINESS
ANALYTICS ADOPTION IN
ZIMBABWEAN COMPANIES
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Factors Influencing Business Analytics Adoption in Zimbabwean Companies

Charles Tichavavamwe - ; Riani Rachmawati (Pembimbing/Promotor) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ; Athor Subroto (Penguji) - ;

Munculnya ekonomi Industri 4.0 telah meningkatkan penggunaan Business Analytics (BA) sebagai alat bisnis strategis, tetapi adopsinya tidak merata di seluruh negara. Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk mengadopsi BA di perusahaan-perusahaan Zimbabwe dengan menggunakan model Technology – Organization – Environment (TOE) dan Technology – Acceptance Model (TAM). Pendekatan kuantitatif digunakan, dan data dikumpulkan dari 157 perusahaan Zimbabwe dari berbagai sektor yang telah mengadopsi atau berniat mengadopsi BA. Kuesioner didistribusikan untuk pengumpulan data dan metode sampling yang nyaman digunakan. Data dianalisis menggunakan SPSS untuk analisis deskriptif dan PLS Structural Equation Modeling untuk analisis model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keunggulan Relatif yang Dirasakan, Dukungan Manajemen Puncak, Tekanan Kompetitif, dan Regulasi Pemerintah secara signifikan mempengaruhi niat untuk mengadopsi BA. Namun, Kompleksitas, Kesesuaian, Infrastruktur TI, dan Kesiapan Organisasi tidak didukung. Hasil penelitian ini mendukung temuan sebelumnya. Penelitian ini menambah nilai pada pengetahuan yang ada tentang adopsi BA dari perspektif ekonomi yang sedang berkembang. Kombinasi model TOE dan TAM pada niat perusahaan Zimbabwe untuk mengadopsi BA dieksplorasi untuk pertama kalinya. Fleksibilitas model TOE memungkinkan penggunaan Infrastruktur TI, yang dianggap memiliki pengaruh signifikan dalam konteks Zimbabwe, meskipun tidak terbukti signifikan. Manajer di Zimbabwe dapat memperoleh manfaat dari adopsi BA untuk penciptaan nilai strategis, dengan pembuat kebijakan didorong untuk mempromosikan adopsi BA dan akademisi untuk mempelajari model TOE-TAM yang dikombinasikan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 220/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekBusiness analytics
TAM
TOE Model
Zimbabwean Companies
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 120 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?