Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR
ATMOSFER TOKO DAN BAURAN
PEMASARAN RITEL YANG
MEMPENGARUHI KEPUTUSAN
PEMBELIAN DI TOKO RITEL
FISI...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Faktor-Faktor Atmosfer Toko dan Bauran Pemasaran Ritel yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Toko Ritel Fisik (Studi pada Industri Mode di Wilayah Metropolitan Jakarta)

Shafia Ashma Khairunnisa - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ; Triana R. H. (Pembimbing/Promotor) - ;

Penelitian ini fokus dampak desain dan suasana toko terhadap keputusan pembelian konsumen di wilayah Jabodetabek. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dari desain dan suasana toko pada keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini juga berusaha memahami peran mediasi desain dan suasana toko dalam hubungannya dengan elemen-elemen seperti window display, mannequin display, visual merchandising, music, light and color, serta signage terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini juga menilai pengaruh langsung dari store design and atmosphere, product, price, dan promotion terhadap keputusan pembelian konsumen.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana analisis data dilakukan menggunakan structural equation modeling (SEM) dan evaluasi model fit dengan SPSSS 26 dan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain dan suasana toko memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Elemen-elemen seperti window display, mannequin display, visual merchandising, music, light and color, serta signage terbukti penting dalam memediasi pengaruh tersebut. Selain itu, store design and atmosphere, produk, harga, dan promosi juga menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa peritel mode di wilayah metropolitan Jakarta perlu memberikan perhatian khusus pada desain dan suasana toko serta elemen-elemen visual dan layanan untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan ritel untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam menarik dan mempertahankan konsumen, dengan fokus pada aspek-aspek yang berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja secara keseluruhan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 272/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekRetail Mix
Department store
Specialty Store
Shoppers' Purchase Decisions
Store Design and Atmosphere
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 115 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?