Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH
EXPERIENTAL QUALITY,
PERCEIVED VALUE, TOURIST
MOTIVATION, COSTUMER
SATISFACTION DAN TOURIST
LOYALTY PA...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Pengaruh Experiental Quality, Perceived Value, Tourist Motivation, Costumer Satisfaction dan Tourist Loyalty pada Wisata Budaya

Irawan Yudha Ariyanto - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Pembimbing/Promotor) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ;

Literatur pariwisata dan rekreasi mengidentifikasi beberapa faktor penentu loyalitas wisatawan terhadap suatu objek wisata, antara lain, experience quality, perceived value, tourist satisfaction, dan tourist motivation. Namun, masih sedikit literatur yang membahas hubungan-hubungan antar variable tersebut. Pada penelitian ini dilakukan studi experiential quality, perceived value, tourist motivation, customer satisfaction dan tourist loyalty pada wisata budaya. Objek penelitian pada penulisan adalah Museum dan Galeri yang berlokasi di Jakarta. Fokus penelitian adalah mencari hubungan variable- variabel tersebut sebagai dasar peningkatan layanan di museum dan galeri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 315 dimana data dikumpulkan mulai dari Oktober hingga Desember 2023. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat sejumlah variabel yang teruji memiliki pengaruh positif terhadap tiap Variabel lainnya yaitu Customer Satisfaction terhadap Tourist Loyalty, Customer Satisfaction terhadap Tourist Motivation, Experiential Quality terhadap Customer Satisfaction, Experiential Quality terhadap Perceived value, Experiential Quality terhadap Tourist Motivation, Perceived Value terhadap Tourist Loyalty, Perceived Value terhadap Tourist Motivation, Tourist Motivation terhadap Tourist Loyalty. Sementara itu, keempat dimensi yang terdiri dari Interaction Quality, Physical Environment Quality, Outcome Quality, dan Access Quality berpengaruh positif terhadap variabel Experiential Quality. Selain itu, dua dimensi lain yaitu Utilitarian Value dan Hedonic Value berpengaruh positif terhadap Perceived Value. Implikasi penelitian ini antara lain: Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Experiential Quality dan bagaimana hal itu berhubungan dengan Perceived Value dapat membantu pengelola museum dan galeri seni meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung, memahami motif wisatawan untuk mengunjungi museum dan galeri seni akan membantu dalam menyesuaikan penawaran, program, dan promosi dan memahami kaitan antara Experiential Quality, Perceived Value, dan Customer Satisfaction akan membantu pengelola untuk meningkatkan layanan, fasilitas, dan informasi yang diberikan kepada pengunjung


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 296/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPerceived value
Customer Satisfaction
Tourist loyalty
Tourist motivation
Experiential Quality
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 91 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?