Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH RELATIONAL BENEFITS
TERHADAP LOYALTY DAN PERAN
RELATIONSHIP QUALITY PADA
PRODUK JASA KURIR PT POS
INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Pengaruh Relational Benefits terhadap Loyalty dan Peran Relationship Quality Pada Produk Jasa Kurir PT Pos Indonesia

Samuel Mario Arnoldi Napitupulu - ; Yeshika Alversia (Pembimbing/Promotor) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ;

Kemajuan teknologi telah mengakibatkan berkembangnya layanan e-commerce, sehingga meningkatkan permintaan dan persaingan terhadap jasa kurir di Indonesia. Pos Indonesia, sebagai pelopor dalam layanan kurir, kini menghadapi persaingan dari pemain industri seperti JNE, J&T, SiCepat, dan lainnya, yang menerapkan strategi berfokus pada pemberian relational benefits. Relational Benefits ini meliputi fasilitas diskon khusus, pengambilan barang gratis, serta pembentukan hubungan sosial dan kepercayaan melalui teknologi terintegrasi. Namun, berbeda dengan temuan penelitian sebelumnya, manfaat-manfaat bawaan ini tidak selalu berkontribusi signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran relational benefits, dengan relationship quality sebagai variabel mediasi, dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dalam konteks upaya Pos Indonesia untuk mempertahankan pelanggan setianya melalui berbagai inovasi. Melalui metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 205 responden yang telah menggunakan layanan Pos Indonesia dalam 6 bulan terakhir. Metode PLS-SEM digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini meunjukkan bahwa niat pembelian ulang meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas hubungan yaitu kepercayaan dan kepuasan, dengan manfaat kepercayaan dan sosial yang telah dibangun. Secara mengejutkan, manfaat perlakuan khusus tidak memengaruhi perilaku loyalitas konsumen.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 310/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekWord of mouth
Repurchase intention
Relationship quality
Relational benefits
Willingness to Pay More
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 121 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?