Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH GAMIFIKASI DENGAN
AFFORDANCE THEORY TERHADAP
USER RETENTION APLIKASI
MOBILE PAYMENT DENGAN
MEDIASI SOCIAL IMPAC...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Pengaruh Gamifikasi dengan Affordance Theory Terhadap User Retention Aplikasi Mobile Payment dengan Mediasi Social Impact Theory

Rahadian Achmad Prayoga - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ;

Dampak gamifikasi terhadap retensi pengguna pada aplikasi pembayaran mobile di Indonesia diselidiki dalam penelitian ini melalui lensa teori keterjangkauan dan teori dampak sosial. Pemodelan persamaan struktural (SEM) dengan pendekatan kuadrat terkecil parsial (PLS) digunakan dalam penelitian ini, dan survei online dilakukan terhadap 462 pengguna aplikasi tekfin di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa reward, kompetisi, dan kerjasama berpengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi teori dampak sosial, sedangkan feedback tidak berpengaruh signifikan. Hubungan antara sebagian besar artifactual affordances dan teori dampak sosial dimoderasi oleh narrative affordances. Kepatuhan memiliki hubungan positif yang kuat dengan retensi pengguna, sedangkan internalisasi dan identifikasi tidak signifikan. Platform pembayaran mobile dapat memperoleh wawasan dari temuan ini untuk mengembangkan strategi gamifikasi yang efektif yang meningkatkan keterlibatan dan retensi pengguna dengan merancang sistem hadiah yang sesuai, mendorong kompetisi, memfasilitasi kerja sama, dan membuat narasi yang menarik. Studi ini memperluas pemahaman tentang gamification affordances dan interaksinya dengan narrative affordances di platform pembayaran mobile, memberikan perspektif baru tentang bagaimana elemen-elemen tersebut memengaruhi retensi pengguna di Indonesia melalui lensa teori dampak sosial


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 316/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekGamification
Social Impact Theory
User Retention
Mobile Payment Applications
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 99 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?