Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS HUBUNGAN TOTAL
QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN
KNOWLEDGE MANAGEMENT (KM)
TERHADAP KINERJA ORGANISASI
PT. BIRAWIDHA...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Hubungan Total Quality Management (TQM) Dan Knowledge Management (KM) Terhadap Kinerja Organisasi PT. Birawidha Garda Santosa

Eny Kuswidiyanti - ; Ratih Dyah Kusumastuti (Penguji) - ; Jonathan N. Marpaung (Penguji) - ; Tresna P. Soemardi (Pembimbing/Promotor) - ;

Tantangan pengelolaan layanan jasa keamanan (Satpam) membutuhkan jaminan kualitas layanan dalam rangka meningkatan keberlangsungan dan daya saing usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Knowledge Management (KM) dan pengaruh TQM terhadap Kinerja Organisasi (KO) dan pengaruh KM terhadap Kinerja Organisasi (KO), Pengaruh KM sebagai Peran Mediasi antara TQM dan KO, disamping itu ingin mengetahui hubungan antar sub-dimensi TQM dan KM dalam konstruk model hubungan penelitian. Desain penelitian ini dengan pendekatan survey lapangan (kuesioner). Lokasi penelitian berada di wilayasi operasi kerja PT Birawidha Garda Santosa (BGS) yang teresebar di 11 Wilayah Provinsi di Indoensia dengan populasi 1014 personil yang bekerja sebagai personil satpam Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 144 responden dengan menggunakan purposive Sampling (purposive sampling). Metode Analisis yang digunakan adalah Uji Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan aplikasi Smart PLS dengan tahapan evaluasi model pengukuran (validitas dan relibilitas), evaluasi model struktural (untuk mengetahui kekuatan hubungan R2 antar variabel laten exogen), pengujian model pengukuran dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan TQM berpengaruh positif signifikan terhadap KM maupun KO berdasarkan hasil uji hipotesis 1-tailed test ( a = 5%) dengan hasil masing-masing p-value sebesar 0,000 dan 0,07. KM juga berpengaruh positif signifikan terhadap KO yang ditunjukkan dengan p-value sebesar 0,000. KM sebagai variabel mediasi berpengaruh sebagai faktor pemampu dalam pencapaian kinerja organisasi ditunjukkan dengan p-value sebesar 0,000. Penelitian yang dilakukan dapat diaplikasikan bagi peningkatan kualitas layanan jasa pengamanan khususnya bagi perbaikan (peningkatan) kinerja layanan jasa di PT Birawidha Garda Santosa.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 345/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekOrganizational performance
Total Quality Management (TQM)
Knowledge Management (KM)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 93 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?