Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR PENDORONG
DIGITAL NEWSPAPER PAID
SUBSCRIPTION
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Faktor Pendorong Digital Newspaper Paid Subscription

Giannisa Umara - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Pembimbing/Promotor) - ;

Era digital memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dengan adanya platform berita dan koran elektronik. Namun, menarik pelanggan berbayar untuk koran elektronik masih menjadi tantangan bagi perusahaan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan langganan berbayar terhadap koran elektronik (digital newspaper paid subscription). Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM untuk meneliti dan menganalisis dampak kualitas dan layanan situs koran elektronik terhadap customer satisfaction dan digital newspaper paid subscription. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 212 responden yang sedang aktif melakukan langganan berbayar terhadap koran elektronik di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, layanan peiode langganan yang fleksibel, kenyamanan akses situs, kualitas berita, dan komitmen, memberikan pengaruh positif terhadap customer satisfaction, dan customer satisfaction berpengaruh positif terhadap digital newspaper paid subscription. Temuan ini menekankan pentingnya harga, layanan periode langganan yang fleksibel, kenyamanan akses situs, kualitas berita, komitmen, kepuasan pelanggan, dan peran mereka dalam mendorong langganan berbayar untuk koran elektronik. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada tentang langganan koran elektronik dengan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini dapat memberikan implikasi kepada perusahaan koran elektronik untuk menyusun strategi dalam menyediakan layanannya, agar dapat meningkatkan pelanggan berbayar dan mempertahankan posisi kompetitifnya.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 373/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekQuality
Commitment
Convenience
News
Price Point
Flexible Service
Digital News Paid Subscription
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 105 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?