Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SOCIAL MEDIA
MARKETING TERHADAP PURCHASE
INTENTION: PERAN MEDIASI
CUSTOMER EQUITY DRIVERS DAN
CUSTOMER INSPIRAT...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention: Peran Mediasi Customer Equity Drivers dan Customer Inspiration Pada Layanan Video Streaming Vidio di Indonesia

Insan Ariandanu Sufajar - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Pengguna aktif media sosial di Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2022. Oleh karena itu, beberapa perusahaan, termasuk Vidio, memanfaatkan media sosial sebagai alat dalam kegiatan pemasarannya, khususnya untuk mempengaruhi niat pelanggan untuk membeli produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing terhadap purchase intention pelanggan melalui customer equity drivers dan customer inspiration sebagai variabel mediasi pada Brand Vidio sebagai platform video streaming. Data dikumpulkan dari 285 responden yang sebelumnya pernah menggunakan layanan gratis dari platform Vidio dan belum pernah berlangganan layanan premium dari Vidio. Data dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas social media marketing telah mempengaruhi secara signifikan dan positif semua customer equity drivers dan customer inspiration. Namun dua customer equity drivers, yaitu value equity dan brand equity, tidak signifikan mempengaruhi purchase intention pelanggan; Customer inspiration secara signifikan dan positif mempengaruhi purchase intention; dan aktivitas social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention secara langsung. Selain itu, aktivitas social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention melalui value equity dan brand equity. Namun aktivitas social media marketing berpengaruh signifikan dan positif pada purchase intention, melalui relationship equity dan customer equity.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 380/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPurchase intention
Social media marketing
Customer Equity Drivers
Customer Inspiration
Video Streaming Platform
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 89 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?