Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN
ONLINE UNTUK MICROLEARNING:
PERSEPSI PEGAWAI DI
ORGANISASI KEUANGAN
PEMERINTAH
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Dampak Sistem Pembelajaran Online untuk Microlearning: Persepsi Pegawai di Organisasi Keuangan Pemerintah

Dirza Williansyah - ; Elok Savitri Pusparini (Pembimbing/Promotor) - ; Yasmine Nasution (Penguji) - ; Muhammad Irfan Syaebani (Penguji) - ;

Epidemi COVID-19, yang berlangsung dari tahun 2020 hingga 2023, mempercepat adaptasi pembelajaran di tempat kerja dengan memanfaatkan platform media digital, termasuk microlearning. Penelitian ini bertujuan untuk menilai faktor-faktor keberhasilan dari sistem pembelajaran online untuk microlearning menggunakan model keberhasilan sistem informasi DeLone dan McLean (DMISM) yang telah dimodifikasi dengan memperluas pada faktor transformational leadership, compatibility, dan mediator task-technology fit pada actual usage dan user satisfaction terhadap performance impact. Meskipun model DMISM telah mendapat perhatian besar di kalangan peneliti, penelitian tentang dampak microlearning masih terbatas, dengan fokus utama pada model pembelajaran sepenuhnya berbasis elektronik, terutama di sektor publik. Diperoleh data penelitian sebanyak 363 pegawai sektor publik di Indonesia. 25 data tidak lolos proses screening, dan 21 data tidak digunakan lebih lanjut berdasarkan hasil cleansing. Sebanyak 317 data diuji menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian dapat mengonfirmasi seluruh hipotesis yang diajukan. Teori IS Success Model dari DeLone dan McLean (1992, 2003, 2016) telah terbukti dapat diterapkan pada konteks sistem pembelajaran online untuk microlearning pada organisasi publik di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa overall quality, transformational leadership, compatibility memiliki hubungan positif signifikan pada actual usage dan user satisfaction sistem pembelajaran online untuk microlearning. Kemudian, hasil menunjukkan terdapat pengaruh mediasi task-technology fit pada actual usage dan user satisfaction terhadap performance impact. Studi ini memberikan kontribusi teoritis dan empiris dalam menilai keberhasilan sistem pembelajaran online untuk microlearning.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 410/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekOnline Learning
System Success
Microlearning Impact
HR Development
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 153 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?