Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH PERSEPSI
ATAS EMPLOYEE VALUE
PROPOSITION DAN SOCIAL
IDENTITY TERHADAP TURNOVER
INTENTION DIMEDIASI OLE...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Pengaruh Persepsi Atas Employee Value Proposition dan Social Identity Terhadap Turnover Intention Dimediasi oleh Variabel Work Engagement Pada Pegawai Lembaga Otoritas Pajak

Andy Taufan - ; Riani Rachmawati (Pembimbing/Promotor) - ; Elok Savitri Pusparini (Penguji) - ; Muhammad Irfan Syaebani (Penguji) - ;

Meskipun terjadi peningkatan penerimaan pajak dari tahun 2017 hingga 2022, porsi
penerimaan pajak dalam pendapatan nasional telah menurun yang disebabkan oleh banyak faktor termasuk kekurangan pegawai. Studi ini menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi kekurangan ini, khususnya pada banyaknya pegawai yang memutuskan untuk meninggalkan institusi. Studi ini menguji dampak manfaat yang dirasakan pegawai dari organisasi, kecocokan mereka dalam kelompok sosial
organisasi, dan keterikatan mereka dengan organisasi terhadap keputusan mereka.
Meskipun studi serupa telah ada untuk sektor swasta, penelitian ini bertujuan untuk
mengisi kesenjangan dalam pemahaman dinamika retensi pegawai di sektor publik,
terutama dalam konteks administrasi perpajakan. Studi ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner terstruktur
yang terdiri dari 60 item. Sampel terdiri dari 388 pegawai dengan minimal satu
tahun pengabdian di institusi tersebut. Pengujian hipotesis menggunakan Structural
Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh negatif signifikan antara employee value proposition dengan
turnover intention maupun social identity dengan turnover intention. Work
engagement selain berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention juga
mampu memediasi hubungan antara employee value proposition dan social identity dengan turnover intention. Studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi institusi untuk menanggulangi tren peningkatan pergantian dan kepindahan
pegawai ke organisasi lain. Hal ini akan membantu institusi dalam mempertahankan sumber daya manusia yang terampil dan berkomitmen, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan nasional.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 420/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPublic sector
Turnover intention
Work engagement
Employee value proposition
social identity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 111 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?