Tesis
Analisis Pengaruh Persepsi Atas Employee Value Proposition dan Social Identity Terhadap Turnover Intention Dimediasi oleh Variabel Work Engagement Pada Pegawai Lembaga Otoritas Pajak
Meskipun terjadi peningkatan penerimaan pajak dari tahun 2017 hingga 2022, porsi
penerimaan pajak dalam pendapatan nasional telah menurun yang disebabkan oleh banyak faktor termasuk kekurangan pegawai. Studi ini menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi kekurangan ini, khususnya pada banyaknya pegawai yang memutuskan untuk meninggalkan institusi. Studi ini menguji dampak manfaat yang dirasakan pegawai dari organisasi, kecocokan mereka dalam kelompok sosial
organisasi, dan keterikatan mereka dengan organisasi terhadap keputusan mereka.
Meskipun studi serupa telah ada untuk sektor swasta, penelitian ini bertujuan untuk
mengisi kesenjangan dalam pemahaman dinamika retensi pegawai di sektor publik,
terutama dalam konteks administrasi perpajakan. Studi ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner terstruktur
yang terdiri dari 60 item. Sampel terdiri dari 388 pegawai dengan minimal satu
tahun pengabdian di institusi tersebut. Pengujian hipotesis menggunakan Structural
Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh negatif signifikan antara employee value proposition dengan
turnover intention maupun social identity dengan turnover intention. Work
engagement selain berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention juga
mampu memediasi hubungan antara employee value proposition dan social identity dengan turnover intention. Studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi institusi untuk menanggulangi tren peningkatan pergantian dan kepindahan
pegawai ke organisasi lain. Hal ini akan membantu institusi dalam mempertahankan sumber daya manusia yang terampil dan berkomitmen, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan nasional.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 420/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia., 2024 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Public sector Turnover intention Work engagement Employee value proposition social identity |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xv, 111 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |