Tesis
Tujuan studi ini bertujuan untuk meneliti tiga faktor yang mempengaruhi inspirasi konsumen: source characteristics, platform characteristics, dan personal characteristics, serta pengaruh inspirasi konsumen terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Konseptualisasi source characteristics terdiri dari tiga komponen: attractiveness, expertise, dan trustworthiness. Sedangkan social presence menjadi dimensi untuk platform characteristics dan customer innovativeness menjadi dimensi untuk personal characteristics. Penelitian ini dilakukan pada kegiatan pembelian secara online yang berasal dari iklan media sosial yang dipromosikan oleh influencer. Untuk menguji 12 hipotesis, metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei melalui penyebaran kuesioner secara online kepada responden yang berdomisili di Indonesia, menggunakan media sosial, serta pernah berbelanja dari iklan yang dipromosikan oleh influencer dari media sosial. Total responden dalam penelitian ini adalah 215 responden yang diambil dengan non-probability sampling dan purposive sampling, kemudian selanjutnya data diolah dengan menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian pengolahan data menunjukkan 10 hipotesis diterima yang memperlihatkan source characteristics attractiveness dan expertise, platform characteristic social presence, serta personal characteristic innovativeness ditemukan berpengaruh positif terhadap inspired-by. Inspired-by ditemukan juga berpengaruh positif terhadap inspired-to yang kemudian berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap kepuasan loyalitas. Selain dari itu, ditemukan juga bahwa kepuasan konsumen secara positif memediasi hubungan inspired-to terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan source characteristics trustworthiness ditemukan berpengaruh negatif terhadap inspired-by sehingga hipotesis tidak dapat diterima. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis mengenai anteseden inspirasi konsumen dan hubungan inspirasi konsumen terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen dalam pemasaran media sosial di Indonesia. Penelitian ini juga memberikan kontribusi manajerial terkait strategi pemasaran media sosial bagi pemasar serta perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan loyalitas konsumen melalui inspirasi. Penelitian ini memberikan kontribusi etika dan sosial mengenai transparansi influencer dalam memasarkan produk melalui kredibilitas sumber serta mendorong pencapaian kepuasan serta loyalitas konsumen oleh perusahaan yang memberikan pengaruh positif bagi konsumen
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 018/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Customer loyalty Customer Satisfaction Source Credibility Customer Inspiration Media Social Marketing |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 123 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |