Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGGUNAAN EARLY CHILDHOOD
DEVELOPMENT INDEX SEBAGAI
PREDIKTOR PENCAPAIAN
PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
ANAK
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Penggunaan Early Childhood Development Index sebagai Prediktor Pencapaian Pendidikan dan Kesehatan Anak

Septika Dwi Haryati - ; Turro Selrits Wongkaren (Pembimbing/Promotor) - ; Diahhadi Setyonaluri (Penguji) - ; Paksi C.K. Walandouw (Penguji) - ;

Perkembangan anak usia dini berperan penting dalam menentukan pencapaian pendidikan dan kesehatan anak di masa depan. Early Childhood Development Index (ECDI), yang dikembangkan oleh UNICEF, menjadi ukuran tingkat populasi pertama yang dapat dibandingkan secara global, serta alat untuk memantau kinerja Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian terkait ECDI khususnya sebagai prediktor pada tahapan selanjutnya masih sangat terbatas, padahal tahapan lanjutan usia dini sangat penting karena menentukan kesiapan anak untuk mencapai potensi optimal di pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan anak usia dini pada kabupaten/kota di Indonesia terhadap capaian pendidikan dan kesehatan anak. Perkembangan anak usia dini diukur melalui ECDI, yang mencakup dimensi literasi-numerasi, fisik, sosial-emosional, dan pembelajaran. Analisis yang dilakukan pada tingkat agregat menggunakan regresi linier berganda, menunjukkan bahwa ECDI memberikan prediksi yang tidak konsisten terhadap capaian pendidikan dan kesehatan anak, yang diukur melalui tingkat literasi dan tingkat kesehatan. Temuan ini menyimpulkan bahwa ECDI bukan merupakan prediktor yang cukup akurat untuk memprediksi capaian anak pada tahapan selanjutnya. Oleh karena itu, disarankan penggunaan indikator tersendiri yang lebih kontekstual untuk mengukur perkembangan anak.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 031/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan Dan Ketenagakerjaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universi 2025
Edisi-
SubjekHealth
Literacy
Child development
ECDI
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 91 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?