Tesis
Perkembangan anak usia dini berperan penting dalam menentukan pencapaian pendidikan dan kesehatan anak di masa depan. Early Childhood Development Index (ECDI), yang dikembangkan oleh UNICEF, menjadi ukuran tingkat populasi pertama yang dapat dibandingkan secara global, serta alat untuk memantau kinerja Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian terkait ECDI khususnya sebagai prediktor pada tahapan selanjutnya masih sangat terbatas, padahal tahapan lanjutan usia dini sangat penting karena menentukan kesiapan anak untuk mencapai potensi optimal di pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan anak usia dini pada kabupaten/kota di Indonesia terhadap capaian pendidikan dan kesehatan anak. Perkembangan anak usia dini diukur melalui ECDI, yang mencakup dimensi literasi-numerasi, fisik, sosial-emosional, dan pembelajaran. Analisis yang dilakukan pada tingkat agregat menggunakan regresi linier berganda, menunjukkan bahwa ECDI memberikan prediksi yang tidak konsisten terhadap capaian pendidikan dan kesehatan anak, yang diukur melalui tingkat literasi dan tingkat kesehatan. Temuan ini menyimpulkan bahwa ECDI bukan merupakan prediktor yang cukup akurat untuk memprediksi capaian anak pada tahapan selanjutnya. Oleh karena itu, disarankan penggunaan indikator tersendiri yang lebih kontekstual untuk mengukur perkembangan anak.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 031/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan Dan Ketenagakerjaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universi 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Health Literacy Child development ECDI |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 91 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |