Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH ENDORSEMENT SOCIAL
MEDIA INFLUENCERS (SMIS) DAN
BRAND YANG DIPROMOSIKAN
TERHADAP PURCHASE INTENTION:
APLIKASI I...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Pengaruh Endorsement Social Media Influencers (SMIs) dan Brand yang Dipromosikan terhadap Purchase Intention: Aplikasi Investment Model

Nabila Anisa - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Pembimbing/Promotor) - ; Anna Amalyah Agus (Penguji) - ;

Penelitian ini secara umum menggunakan investment model dalam konteks media sosial untuk menyelidiki pengaruh keceriaan dan keahlian konten seorang influencer terhadap niat pengguna media sosial untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan oleh influencer favorit mereka. Secara khusus, penelitian akan membandingkan efektivitas endorsement antara micro-influencer dan mega-influencer. Studi ini juga bermaksud untuk mengeksplorasi perbedaan dalam komitmen terhadap SMI dan merek yang dipromosikan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang secara aktif mengikuti influencer favorit mereka di Instagram. Penelitian kuantitatif akan mengumpulkan data dari 480 responden melalui kuesioner online. Data akan dianalisis menggunakan Model Persamaan Struktural (SEM). Studi ini menemukan bahwa influencer playfulness dan content expertise of influencer menentukan investment model. Social media engagement, commitment to influencer dan brand commitment secara signifikan memengaruhi purchase intention. Mega-influencer memiliki hubungan commitment to influencer terhadap purchase intention yang lebih besar dibanding dengan micro-influencer. Sebaliknya, brand commitment berpengaruh lebih tinggi terhadap purchase intention pengguna media sosial pada micro-influencer dibandingkan mega-influencer. Selain itu, terdapat perbedaan antara komitmen merek dan komitmen terhadap influencer.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 495/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPurchase intention
Commitment
PLS-SEM
Social Media Influencers (SMIs)
Investment Model
Social Media Engagement
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 195 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?