The Impact of Transformational Leadership on Digital Transformation Towards Madrasah Reform and Performance
Studi ini memberikan wawasan penting mengenai peran kepemimpinan transformasional terhadap pembelajaran organisasi dan budaya kolaborasi dalam transformasi digital yang mendukung reformasi madrasah dan peningkatan kinerja madrasah di Indonesia. Menghadapi tantangan global dan kemajuan yang pesat, madrasah memiliki peran, tanggung jawab, dan serangkaian tantangan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan melibatkan 219 kepala madrasah di berbagai wilayah Indonesia. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan SEM PLS untuk mengidentifikasi, mengukur, serta memahami hubungan antar variabel yang terlibat dalam model penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berperan penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran berkelanjutan dan mendukung adaptasi di era digital untuk reformasi serta peningkatan kinerja madrasah. Budaya kolaborasi berkontribusi pada adopsi transformasi digital, tetapi belum cukup optimal dalam mendukung adaptasi yang lebih luas. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan holistik, termasuk penguatan teknologi dan strategi manajerial. Temuan ini menegaskan pentingnya kepemimpinan transformasional dan pembelajaran organisasi untuk mendukung transformasi digital, mempercepat reformasi institusi, dan meningkatkan kinerja madrasah di Indonesia.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 504/24 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Tidak tersedia versi lain