Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH
KARAKTERISTIK MYTHIA BATFORD
TERHADAP PURCHASE INTENTION
PENONTON LIVE-STREAMING
COMMERCE PRODUK KOLAB...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Karakteristik Mythia Batford terhadap Purchase Intention Penonton Live-Streaming Commerce Produk Kolaborasi di YouTube

Muhammad Azka Husani Lavail - ; Rushli Fauzan (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Dwi Widiastri (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik Mythia Batford terhadap niat pembelian produk kolaborasi dalam konteks live-streaming commerce di YouTube. Karakteristik yang diteliti meliputi likeability, animacy, dan responsiveness, yang dimediasi oleh social presence dan telepresence untuk memengaruhi niat beli penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disebarkan secara daring kepada 133 responden berusia kurang dari 18-45 tahun yang aktif menonton konten Mythia Batford. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS4 untuk menguji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animacy dan responsiveness memiliki pengaruh signifikan terhadap social presence dan telepresence, yang pada akhirnya meningkatkan niat pembelian. Sebaliknya, likeability hanya berpengaruh signifikan melalui social presence tetapi tidak secara langsung terhadap niat beli. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis VTuber di era digital serta memberikan panduan bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan VTuber sebagai media promosi yang efektif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15323PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekPurchase intention
Responsiveness
Digital Marketing
social presence
VTuber
Mythia Batford
Live-Streaming Commerce
Likeability
Animacy
Telepresence
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 106 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?