Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR
DIFFUSION OF INNOVATION
(DOI) TERHADAP INTENSI
PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER
PADA GENERASI MILENIAL ...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Pengaruh Faktor-Faktor Diffusion of Innovation (DOI) terhadap Intensi Penggunaan Shopee Paylater pada Generasi Milenial dan Generasi Z

Nurhana Indriani - ; Nissa Ghulma Ratnasari (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Sumiyarto (Penguji) - ;

Shopee Paylater adalah layanan pembayaran kredit online yang memungkinkan pengguna membayar produk di Shopee dengan sistem cicilan menggunakan konsep "Buy Now, Pay Later". Layanan ini merupakan bagian dari inovasi dalam dompet digital, yang menghadirkan fitur pembayaran berbasis kredit melalui perangkat seluler. Baik manufaktur maupun layanan keuangan mengembangkan inovasi teknologi untuk keuntungan konsumen, memperluas bisnis, dan menjangkau konsumen lebih efektif, sehingga penting memahami proses sebelum konsumen mengadopsi paylater. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengadopsi penggunaan paylater di Indonesia menggunakan model yang diadopsi dari Teori Difusi Inovasi atau DOI (Diffusion of Innovation) dengan menggabungkan konstruk seperti convenience, perceived security, personal innovativeness dan perceived trust. Sampel yang diteliti adalah mereka yang merupakan pengguna smartphone yang aktif melakukan transaksi di e-commerce Shopee serta belum pernah menggunakan layanan pembayaran Shopee paylater, yang berdomisili di Indonesia dan berusia 18-43 tahun. Jumlah responden yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini adalah 258 responden. Data yang sudah berhasil dikumpulkan diolah menggunakan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Relative Advantage, Compatibility, Trialability, Perceived Trust, Convenience dan Personal Innovativeness memiliki pengaruh terhadap Intention to Use Shopee Paylater. Namun tidak ditemukan adanya pengaruh dari Perceived Ease Of Use, Observability dan Perceived Security terhadap Intention to Use Shopee Paylater. Kemudian Perceived Security berpengaruh positif terhadap Trust. Terdapat pula Trust memiliki efek mediasi terhadap hubungan antara Perceived Security dan Intention to Use Shopee Paylater.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15342PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekIntention to use
Convenience
Diffusion of innovation theory
Personal innovativeness
Mobile wallet
Perceived Trust
Perceived Security
Shopee Paylater
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 165 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?