Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
MENGUJI HUBUNGAN BRAND
LOYALTY DAN CROSS-CATEGORY
LOYALTY SPORTSWEAR: PENGARUH
BRAND EXPERIENCE DAN BRAND
TRUST PADA PEN...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Skripsi

Menguji Hubungan Brand Loyalty dan Cross-Category Loyalty Sportswear: Pengaruh Brand Experience dan Brand Trust pada Pengguna Sepatu Sepakbola

Abubakr Maulwi Chalid - ; Adi Zakaria Afiff (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Arga Hananto (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand experience, brand trust, dan
perceived quality terhadap brand loyalty pada konsumen sepatu sepakbola. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan responden
yang merupakan konsumen aktif sepatu sepakbola di wilayah Jabodetabek. Data dikumpulkan
melalui kuesioner yang disebarkan kepada 132 responden dan dianalisis menggunakan metode
Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand
loyalty, yang juga dimediasi oleh brand trust. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengalaman
konsumen dengan brand, baik secara fisik maupun emosional, dapat meningkatkan loyalitas
brand, terutama jika didukung oleh tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap brand dan
persepsi kualitas produk yang baik. Ditemukan pula bahwa brand loyalty terindikasi memiliki
efek terhadap cross-category brand loyalty. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap
pemahaman bagaimana perusahaan dapat mengelola brand experience dan membangun
kepercayaan konsumen untuk meningkatkan loyalitas brand dalam industri produk olahraga,
khususnya sepatu sepakbola. Keterbatasan dari penelitian ini meliputi terbatasnya variasi usia
responden dan lokasi geografis yang hanya mencakup Jabodetabek, sehingga hasilnya tidak
dapat digeneralisasikan ke seluruh populasi konsumen di Indonesia. Penelitian lebih lanjut
disarankan untuk memperluas jangkauan sampel dan mempertimbangkan variabel-variabel
lain yang dapat mempengaruhi brand loyalty.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
S 15354PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekBrand loyalty
Perceived quality
Brand trust
Sportswear
Brand Experiences
Sports marketing
Football Boots
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 112 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikSkripsi
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?