Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
Image of Bagaimana Perusahaan Keluarga Travel Haji Umrah Dapat Sukses Melakukan Suksesi Manajemen? Studi Kasus Gaido Travel (PT Gaido Azza Darussalam)

Studi Kasus FEB UI

Bagaimana Perusahaan Keluarga Travel Haji Umrah Dapat Sukses Melakukan Suksesi Manajemen? Studi Kasus Gaido Travel (PT Gaido Azza Darussalam)

Rambat Lupiyoadi - ; Muthia Pramesti - ;

Usai acara tasyakuran bertepatan dengan usianya yang sudah memasuki tahun ke-53, H. Muhammad Hasan tampak terlihat sedikit murung. Usut punya usut, rupanya Hasan
Gaido, sapaan akrabnya, sedang berfikir keras tentang situasi yang sedang terjadi pada perusahaannya. Betapa tidak, perusahaan yang telah 20 tahun dibesarkannya, kini
sedang kekurangan orang-orang handal yang bisa terus mengembangkan bisnis jasa travel haji dan umrahnya. Baru saja perusahaan memberhentikan direktur, manajer
operasional dan manajer keuangannya. Para manajer dari kalangan profesional yang semula dia percaya akan dapat lebih baik dalam mengelola usaha, sehingga pelan-pelan
bisa dilepas otopilot, namun justru dianggap melakukan kesalahan fatal. Kesalahan ini menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar bagi perusahaan.
Situasi ini terjadi justru ketika sebagai founder Gaido Travel, Hasan Gaido telah mencanangkan bahwa tahun 2023-2032 adalah merupakan tahun atau generasi pengembangan. Hal ini dicanangkan sebagai jawaban pasca pandemi Covid-19 yang membuat ditutupnya keberangkatan haji dan umrah ke Mekah. Praktis perusahaan mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan. Berbagai upaya terus dilakukan. Sambil menunggu pandemi berlalu, Gaido Travel berusaha agar tetap bertahan. Gaido bahkan melakukan gebrakan bisnis di antaranya pembukaan operasional enam cabang baru (Kudus, Bandung, Semarang, Pangandaraan, Majalengka, dan Garut). Sayangnya di tengah upaya pengembangan yang sudah mulai diserahkan kepada manajemen profesional, justru perusahaan mengalami persoalan serius. Ini yang membuat Hasan gusar, apa yang harus dilakukan ke depan agar Gaido Travel tetap berkelanjutan di tangan generasi/manajemen baru seiring dengan peluang besar layanan halal travel, haji dan umroh yang tumbuh pasca pandemi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
CS-2024-06CELEB FEB UI1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekManagement succession
Business travel
Haji and umroh
Management Success
ISBN/ISSN978-623-333-907-0
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisik10p
Info Detail SpesifikStudi Kasus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas
  • Bagaimana Perusahaan Keluarga Travel Haji Umrah Dapat Sukses Melakukan Suksesi Manajemen? Studi Kasus Gaido Travel (PT Gaido Azza Darussalam)

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?