Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PERSEPSI PUBLIK
DALAM MENGHADAPI KRISIS
GAGAL BAYAR: STUDI KASUS
PERUSAHAAN ASURANSI
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Analisis Persepsi Publik dalam Menghadapi Krisis Gagal Bayar: Studi Kasus Perusahaan Asuransi

Public Perception Analysis towards Default Crisis: A Case Study in an Insurance Company

Irwan Kristianto - ; Elvia R. Shauki (Pembimbing/Promotor) - ; Purwatiningsih (Penguji) - ; Nureni Wijayati (Penguji) - ;

Kasus gagal bayar Jiwasraya menimbulkan krisis legitimasi yang berdampak serius terhadap kepercayaan masyarakat pada industri asuransi nasional. Penelitian ini secara unik menerapkan analisis tematik untuk mengeksplorasi strategi legitimasi yang digunakan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) selama krisis gagal bayar, dengan menitikberatkan pada media berita daring sebagai saluran utama dalam memahami kekhawatiran para pemangku kepentingan. Dengan menggunakan teori legitimasi, penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi legitimasi perusahaan asuransi dalam menghadapi krisis keuangan berskala besar, sekaligus memperkaya pengembangan teori legitimasi dalam sektor asuransi yang masih jarang dieksplorasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan data kualitatif yang bersumber dari 479 artikel berita di media daring nasional selama periode 2018-2024, yang kemudian diolah menggunakan perangkat lunak NVivo15 melalui analisis konten dan analisis tematik. Dari hasil analisis, lima tema kunci berhasil diidentifikasi, yakni restrukturisasi polis sebagai solusi utama, resistensi nasabah dan isu hukum, kesalahan tata kelola investasi, peran pengawasan pemerintah, serta kepemimpinan dan komunikasi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menggunakan strategi legitimasi ”mencari alasan”, ”justifikasi”, ”membuat sistem pemantauan”, ”mengganti personel”, ”merevisi praktik”, dan ”menghindari kepanikan”. Implementasi strategi ini ditujukan untuk mendapatkan legitimasi pragmatis dan moral dari para pemangku kepentingan atas krisis gagal bayar yang terjadi.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 069/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekJiwasraya
Legitimacy crisis
Policy restructuring
Repairing legitimacy
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 89 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?