Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
MENINGKATKAN KEPUASAN DAN
LOYALITAS PELANGGAN MELALUI
PENGALAMAN PELANGGAN DAN
KEPERCAYAAN DI INDUSTRI
PERBANKAN : MELAL...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan melalui Pengalaman Pelanggan dan Kepercayaan di Industri Perbankan : Melalui e-CRM dengan Kerangka Stimulus – Organism - Response

Enhancing Customer Satisfaction and Loyalty Through Customer Experience and Trust in Banking Industry : Utilizing e-CRM with Stimulus – Organism – Response Framework

Diana Syahriyanti - ; Imam Salehudin (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Ignatius Heruwasto (Penguji) - ;

Persaingan di dunia perbankan semakin berkembang pesat, dengan layanan digital dapat mempermudah dan memberikan pengalaman nasabah, lebih dari 270 juta transaksi digital terjadi pada 2023. Kasus kejahatan siber juga meningkat, keamanan dapat memengaruhi kepercayaan nasabah, yang berperan penting dalam menentukan kepuasan dan loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh e-CRM terhadap customer satisfaction dan customer loyalty, serta menguji peran customer experience dan customer trust sebagai mediator. Data dikumpulkan dari 590 nasabah yang menggunakan lebih dari satu layanan e-channel dalam enam bulan terakhir. Hasil analisis menggunakan Smart PLS, menunjukkan bahwa e-CRM berperan penting dalam meningkatkan Customer Satisfaction dan Customer Loyalty melalui peningkatan Customer Experience dan membangun Customer Trust. Selain itu, Customer Trust terbukti memediasi pengaruh e-CRM terhadap Customer Satisfaction, sekaligus memiliki pengaruh langsung terhadap Customer Loyalty. Temuan ini menegaskan bahwa dalam layanan perbankan digital, Customer Trust menjadi salah satu faktor kunci dalam menciptakan Customer Satisfaction dan Customer Loyalty untuk jangka panjang.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 079/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekBanking industry
Customer Satisfaction
Loyalty
Customer Experience
Customer Trust
SOR
e-CRM
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 115 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?