Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKTOR MOTIVASI PENGGUNAAN
WEBSITE ONLINE SHOPPING
UNTUK
MENINGKATKAN E-TRUST, E-WOM,
DAN E-RETENTION PADA
INDUSTRI HO...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Faktor Motivasi Penggunaan Website Online Shopping Untuk Meningkatkan E-Trust, E-WOM, dan E-Retention pada Industri Home Appliances di Indonesia

Motivational Factors for Using Online Shopping Websites to Enhance E-Trust, E-WOM, and E-Retention in Indonesia's Home Appliances Industry

Raffi Fafian Chairul Putra - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ; Arnold Japutra (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor motivasi yang mendorong penggunaan website online shopping dalam meningkatkan kepercayaan elektronik (e-trust), word-of-mouth elektronik (e-WOM), dan retensi elektronik (e-retention) di industri home appliances di Indonesia. Berdasarkan model teoritis yang dikembangkan, penelitian ini menguji empat faktor motivasi utama yaitu desain website, keandalan, kemudahan penggunaan, dan interaktivitas, serta pengaruhnya terhadap e-trust, e-WOM, dan e-retention. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 260 responden yang telah menggunakan website home appliances dalam enam bulan terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua faktor motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap e-trust, yang pada gilirannya meningkatkan e-retention. Selain itu, e-WOM juga memediasi hubungan antara faktor motivasi dan retensi pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur customer engagement serta memberikan wawasan praktis bagi bisnis dalam mendesain website untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di era digital.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 082/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekInteractivity
Reliability
Website Design
e-WOM
Ease of use
e-trust
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 136 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?