Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH PEMASARAN
INFLUENCER DALAM DORONGAN
PEMBELIAN SECARA IMPULSIF
PADA SOCIAL COMMERCE:
EVALUASI PERAN MED...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Analisis Pengaruh Pemasaran Influencer dalam Dorongan Pembelian Secara Impulsif pada Social Commerce: Evaluasi Peran Mediasi Kepercayaan Kognitif dan Afektif serta Inersia Perilaku

Analysis of the Impact of Influencer Marketing on Impulsive Buying in Social Commerce: Evaluation of the Mediating Role of Cognitive and Affective Trust, and Behavioral Inertia

Jihan Muthia - ; Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ;

Perilaku pembelian yang tidak direncanakan dianggap sebagai perilaku pembelian impulsif. Dengan semakin populernya platform social commerce dan otomatisasi belanja, kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif telah meningkat secara signifikan. Dalam konteks ini, peran influencer marketing secara krusial memengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam beberapa dekade terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor dalam influencer marketing terhadap dorongan pembelian secara impulsif pada pembelian produk fashion di TikTok Shop Indonesia. Model penelitian ini didasarkan pada teori konseptual signaling theory untuk mengeksplorasi reaksi dan perilaku konsumen yang disebabkan oleh faktor sinyal tertentu. Model pengukuran dibuat berdasarkan 500 responden valid pengguna aktif TikTok yang melakukan pembelian produk fashion di TikTok Shop dalam kurun waktu tiga bulan terakhir dari kuesioner online dengan bantuan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS dengan melewati tahapan pre-test menggunakan SPSS 27 terlebih dahulu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hubungan parasosial, kredibilitas pesan, dan kepercayaan terhadap influencer secara signifikan memengaruhi kepercayaan kognitif pengikut terhadap influencer. Selanjutnya, penelitian menemukan hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan kognitif dan kepercayaan afektif, mendukung gagasan bahwa kepercayaan kognitif membentuk fondasi untuk kepercayaan afektif. Meskipun inersia perilaku secara signifikan memprediksi pembelian impulsif, baik kepercayaan afektif maupun inersia perilaku tidak memediasi hubungan antara kepercayaan kognitif dan perilaku pembelian impulsif. Hasil ini menekankan peran penting dalam memupuk hubungan influencer-pengikut yang kuat dan menciptakan konten yang kredibel dan dapat dipercaya untuk meningkatkan kepercayaan kognitif pengikut, yang selanjutnya dapat mendorong pembelian produk secara impulsif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 083/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSignaling theory
Social commerce
Impulsive buying
Influencer Marketing
Behavioral inertia
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 134 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?