Tesis
Analysis of the Impact of Influencer Marketing on Impulsive Buying in Social Commerce: Evaluation of the Mediating Role of Cognitive and Affective Trust, and Behavioral Inertia
Perilaku pembelian yang tidak direncanakan dianggap sebagai perilaku pembelian impulsif. Dengan semakin populernya platform social commerce dan otomatisasi belanja, kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif telah meningkat secara signifikan. Dalam konteks ini, peran influencer marketing secara krusial memengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam beberapa dekade terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor dalam influencer marketing terhadap dorongan pembelian secara impulsif pada pembelian produk fashion di TikTok Shop Indonesia. Model penelitian ini didasarkan pada teori konseptual signaling theory untuk mengeksplorasi reaksi dan perilaku konsumen yang disebabkan oleh faktor sinyal tertentu. Model pengukuran dibuat berdasarkan 500 responden valid pengguna aktif TikTok yang melakukan pembelian produk fashion di TikTok Shop dalam kurun waktu tiga bulan terakhir dari kuesioner online dengan bantuan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS dengan melewati tahapan pre-test menggunakan SPSS 27 terlebih dahulu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hubungan parasosial, kredibilitas pesan, dan kepercayaan terhadap influencer secara signifikan memengaruhi kepercayaan kognitif pengikut terhadap influencer. Selanjutnya, penelitian menemukan hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan kognitif dan kepercayaan afektif, mendukung gagasan bahwa kepercayaan kognitif membentuk fondasi untuk kepercayaan afektif. Meskipun inersia perilaku secara signifikan memprediksi pembelian impulsif, baik kepercayaan afektif maupun inersia perilaku tidak memediasi hubungan antara kepercayaan kognitif dan perilaku pembelian impulsif. Hasil ini menekankan peran penting dalam memupuk hubungan influencer-pengikut yang kuat dan menciptakan konten yang kredibel dan dapat dipercaya untuk meningkatkan kepercayaan kognitif pengikut, yang selanjutnya dapat mendorong pembelian produk secara impulsif.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 083/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Signaling theory Social commerce Impulsive buying Influencer Marketing Behavioral inertia |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 134 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |