Tesis
The Role of Brand Channel Mix Complexity and Brand Associations in Influencing Self-Brand Connection and Brand Loyalty: A Study on Beauty Brands in Indonesia
Berkembangnya industri kecantikan di Indonesia, serta potensi peningkatan pendapatkan dalam industri tersebut yang diprediksi akan terus meingkat hingga beberapa tahun kedepan, menyebabkan bermunculannya brand-brand kecantikan lokal secara massive pada kurun waktu 10 terakhir. Hal ini mengakibatkan terjadinya komptesisi yang cukup kuat di pasar Indonesia, ditandai dengan mulai masuknya brand-brand lokal baik skala kecil maupun besar kedalam berbagai channel yang tersedia, baik channel yang dikelola secara mandiri oleh brand, maupun channel yang tergabung kedalam retail. Penelitian ini ditujukan untuk mengatahui peran kompleksitas yang ditimbulkan oleh Brand Channel Mix dan Brand Associations terhadap Self-brand connection dan Brand Loyalty, khususnya dalam konteks studi inclusive channel dan brand kecantikan di Indonesia. Brand Association, dalam penelitian ini diwakilkan oleh Attitude towards brand, perceived quality, dan brand uniqueness. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan uji 10 hipotesis melalui data yang dikumpulkan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dengan crosssectional online survey. Kuesioner dikirimkan dengan menggunakan google-form kepada 386 responden yaitu pengguna Wardah dimana responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian data diolah dengan menggunakan teknik Partial Least Squares - Structural Equation Modeling, dari hasil pengolahan data terbukti hanya 7 hipotesis yang diginifikan, hal ini memperlihatkan, brand associations memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap konstruk lain yaitu self-brand connection dan brand loyalty. Berdasarkan penelitian ini, juga terdapat 3 hipotesis yang tidak signifikan, dimana Brand channel mix pada inclusive channel tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap self-brand connection dan brand-loyalty dan product involvement yang tidak memoderasi hubungan antara self-brand connection dan brand loyalty. Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis untuk ilmu marketing dan managejement, serta implikasi praktis bagi pengembangan strategi pemasaran dalam rangka mencapai brand loyalty dari setiap konsumennya, khususnya dalam konteks penggunaan inclusive channel.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 101/25 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brand loyalty Perceived quality Attitude towards brand Brand associations Brand uniqueness Brand-Channel Mix |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 111 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |