Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN SOCIAL INFLUENCE DAN
PERCEIVED TRUST DALAM
MENINGKATKAN NIAT PENGGUNAAN
KEMBALI QRIS DI INDONESIA:
STUDI PADA GENE...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Peran Social Influence dan Perceived Trust dalam Meningkatkan Niat Penggunaan Kembali QRIS di Indonesia: Studi pada Generasi Z dan X

The Role of Social Influence and Perceived Trust in Enhancing the Intention to Reuse QRIS in Indonesia: A Study on Generation Z and Generation X

Tasya Amelia Fajar - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ;

Penelitian ini mengkaji pengaruh Social Influence dan PerceivedTrust terhadap niat penggunaan kembali (Intention to Re-Use) sistem pembayaran mobile berbasis QRIS di Indonesia, dengan fokus pada Generasi Z dan Generasi X. Dalam kerangka Mobile Technology Acceptance Model (MTAM), penelitian ini menambahkan variabel baru, yaitu Social Influence sebagai faktor eksternal dan PerceivedTrust sebagai variabel mediasi, untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai perilaku pengguna. Sebelum pelaksanaan survei, instrumen penelitian telah diuji melalui pretest, yang menunjukkan hasil reliabilitas yang memadai (Cronbach's Alpha > 0,6), mendukung keabsahan data yang dikumpulkan. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei, data dikumpulkan dari 960 responden yang mewakili kedua generasi. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa Social Influence memiliki pengaruh signifikan terhadap PerceivedTrust, yang pada gilirannya berperan dalam meningkatkan niat penggunaan kembali QRIS. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pemasaran digital dan penguatan penggunaan teknologi pembayaran mobile di Indonesia, khususnya di kalangan Generasi Z dan Generasi X.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 102/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekSocial influence
Generation Z
Perceived Trust
QRIS
Intention to Re-Use
Mobile Technology Acceptance Model (MTAM)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 200 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?