Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH KOREAN CELEBRITY
CELEBRITY ENDORSER
CREDIBILITY TERHADAP
PURCHASE INTENTION DENGAN
MODERASI FEAR OF MISSING
OUT...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2025
Request Access

Tesis

Pengaruh Korean Celebrity Celebrity Endorser Credibility terhadap Purchase Intention dengan Moderasi Fear of Missing Out (FOMO)

The Influence of Korean Celebrity Endorser Credibility on Purchase Intention with Moderation of Fear of Missing Out (FOMO)

Audina Chairun Nisa - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; Rifelly Dewi Astuti (Penguji) - ; Arnold Japutra (Penguji) - ;

Hallyu atau Korean Wave, termasuk fenomena K-Pop dan K-Drama, telah menjadi bagian dari budaya populer di Indonesia. Tren ini mendorong banyak perusahaan memanfaatkan selebriti Korea sebagai endorser untuk memperkuat citra merek. Kredibilitas endorser dinilai dari daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), dan keahlian (expertise), yang mempengaruhi niat pembelian (purchase intention). Faktor FOMO (fear of missing out) juga dianggap memperkuat niat pembelian konsumen. Penelitian ini mengkaji hubungan celebrity endorsement credibility terhadap purchase intention dengan moderasi FOMO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis SEM PLS, studi ini melibatkan 219 responden di Indonesia, dengan kerangka Elaboration Likelihood Model (ELM) serta Multi Group Analysis (MGA) pada tiga kelompok data: keseluruhan, FOMO tingkat rendah dan FOMO tingkat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan Trustworthiness, Attractiveness pada celebrity endorser serta FOMO memoderasi hubungan attractiveness terbukti signifikan mempengaruhi purchase intention. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan dalam strategi pemasaran dengan celebrity endorsement, khususnya menggunakan selebriti Korea yang sedang tren.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 103/25PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2025
Edisi-
SubjekPurchase intention
Attractiveness
Trustworthiness
FOMO
Celebrity endorser credibility
Korean celebrity
Elaboration Likelihood Model (ELM)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 132 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?