Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS KESIAPAN PENGAKUAN
DAN PENGUKURAN CONTRACTUAL
SERVICE MARGIN (CSM) DALAM
IMPLEMENTASI PSAK 74 (IFRS
17) KONTRAK...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2024
Request Access

Tesis

Analisis Kesiapan Pengakuan Dan Pengukuran Contractual Service Margin (CSM) Dalam Implementasi PSAK 74 (IFRS 17) Kontrak Asuransi Pada Perusahaan Asuransi Kerugian PT X

Analysis of Readiness of Recognition and Measurement of Contractual Service Margin (CSM) in the Implementation of PSAK 74 (IFRS 17) Insurance Contracts at PT X

Irma Suryani - ; Aria Farah Mita (Pembimbing/Promotor) - ; Dr. Chaerul D. Djakman (Penguji) - ; Viska Anggraita (Penguji) - ;

Salah satu komponen kritis dalam PSAK 74 yaitu Margin Jasa Kontraktual / Contractual Service Margin (CSM). Kompleksitas dalam pengimplementasian konsep CSM menjadi tantangan bagi perusahaan asuransi sehingga analisis kesiapan pengakuan dan pengukuran CSM dalam implementasi PSAK 74 perlu dilakukan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai kesiapan pengakuan dan pengukuran CSM dalam implementasi PSAK 74 pada perusahaan asuransi kerugian PT X. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan PT X dalam pengakuan dan pengukuran CSM sesuai dengan PSAK 74 serta menganalisis apa saja isu signifikan dalam pengakuan dan pengukuran CSM pada PT X. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui studi kasus dengan teknik tringulasi serta instrumen penelitian berupa wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT X masih dalam proses persiapan dalam pengakuan dan pengukuran CSM saat PSAK 74 diimplementasikan diantaranya yaitu kesiapan data dan sistem TI, kesiapan sumber daya manusia serta kesiapan prosedur dalam pengakuan dan pengukuran CSM. Adapun terdapat enam isu signifikan yang harus diperhatikan dalam pengakuan dan pengukuran CSM pada PT X yaitu profitabilitas dan keberlanjutan perusahaan, sumber daya manusia (akuntan, aktuaris, dan tenaga IT support), kompleksitas data saat dan setelah masa transisi, CSM Engine, pajak penghasilan pada masa transisi, dan penentuan tingkat diskonto.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 562/24PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2024
Edisi-
SubjekInsurance Company
PSAK 74
Contractual Service Margin (CSM)
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 74 p.: il: 30 cm.
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?