Meskipun Industri Mikro Kecil (IMK) memiliki peranan penting di negara-negara berkembang, industri tersebut menghadapi tantangan berkaitan dengan keterbatasan akses modal kerja. Lebih dari itu, mayoritas IMK masih masuk kategori unbanked. Pada era digital, sektor keuangan global mengalami perubahan, tak terkecuali Indonesia, yaitu dengan berkembangnya financial technology (fintech), yang dianta…
Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang memengaruhi akses ke jasa keuangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari World Bank Enterprise Survey dan melibatkan 881 UMKM dari sembilan provinsi di Indonesia sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dalam menentukan determinan kesuksesan perolehan pinjaman menggu…
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh financial literacy dan access to finance terhadap growth dari usaha mikro di Indonesia, dengan digital finance dan usage of digital technology sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan usaha mikro Indonesia sebagai respondennya. Pengambilan sampel didapatkan sebanyak 178 responden, yang dilakukan dengan me…
In recent years, The Creative Economic has become a new term formed because of its significant role in the Indonesian economy, seen from the contribution of GDP, employment, and export value. This development is supported by SMEs, which control around 99,99% of business sizes in Indonesia. However, not many Creative SMEs use formal financial access; most of them still use their capital or perso…
Ada Tabel
Indonesia merupakan pasar terbesar dalam Asia Pasifik dan menempati peringkat ketiga di Asia setelah Cina dan India. Lebih dari setengah populasi Indonesia secara aktif mengakses jaringan internet setiap harinya untuk menikmati layanan yang beragam, termasuk e-commerce, fintech, dan juga jasa on-demand. Dengan peluang pasar ekonomi digital yang terus berkembang, Indonesia dalam beberapa tahun t…