Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Return on Investment (ROI) pada UKM di Indonesia yang menggunakan equity crowdfunding sebagai metode pendanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan mendeskripsikan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti, yaitu hubungan antara equity crowdfunding dan kinerja keuangan UKM di Indonesia. …
Investasi berbasis Crowdfunding merupakan Platform yang mengembangkan berbagai macam keunggulan yang mereka miliki untuk memikat masyarakat agar mau melakukan investasi digital, seperti menyediakan fitur berbagai aneka ragam instrumen investasi dan memberikan kemudahan seperti menawarkan biaya minimum untuk melakukan investasi sebagai modal awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan me…
Reward-based crowdfunding merupakan sebuah media yang sangat potensial untuk ko-kreasi, di mana berbagai bentuk interaksi antara penyumbang dana dan pemrakarsa proyek, berkontribusi terhadap keberhasilan kampanye crowdfunding. Namun, penelitian mengenai dampak ko-kreasi yang berbentuk komentar atau dialog antara penyumbang dana dan pemrakarsa proyek, terhadap kinerja kampanye crowdfunding masih…
Economic interactions often involve sequential actions, observational learning, and contingent project implementation. We incorporate all-or-nothing thresholds in a canonical model of information cascades. Early supporters effectively delegate their decisions to a “gatekeeper,” resulting in unidirectional cascades without herding on rejections. Project proposers can consequently charge high…
Walaupun wakaf mempunyai potensi besar dan manfaat signifikan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. realisasi penghimpunan wakaf di Indonesia masih rendah. Untuk itu, strategi penghimpunan perlu dioptimalkan, salah satunya melalui platform securities crowdfunding (SCF) yang berkolaborasi dengan ekosistem wakaf produktif untuk mengembangkan nilai aset wakaf. Namu…
Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor-faktor berdasarkan teori signaling dalam pengaruhnya terhadap kesuksesan proyek reward-based crowdfunding yang ada di ASEAN Member States (AMS) dalam periode Januari 2018 hingga Februari 2020 dengan menggunakan 489 sampel proyek reward-based crowdfunding yang menempati 5 industri teratas pada platform Kickstarter. Peneliti menggunakan estimasi regre…
This study aims to identify the effect of business viability, trust, project attachment, liking, financial return, and age on investors' intentions to transfer investment funds from deposits, stocks, and bonds to equity crowdfunding of investors in Indonesia. This study focuses on these factors which few have studied in the context of developing countries such as Indonesia. Data collection was …
Indonesian MSMEs play an important role in the contribution of Indonesia's GDP and are able to absorb a large workforce. However, Indonesian MSMEs have limited access to conventional funding for their capital. That is because MSMEs do not have proper collateral for conventional financial institutions, so they are not bankable. Therefore, it is necessary to have other alternative funding that ca…
Ada Tabel
Ada Tabel
Tesis ini meneliti bagaimana BEKRAF sebagai Lembaga Pemerintahan Non Kementerian membantu UMKM yang bergerak di bidang ekonomi kreatif dalam hal pendanaan modal usaha. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai dua pihak dengan tiga narasumber berbeda yang mana kemudian hasil wawancara tersebut dibandingkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sejak tahun 1961 hingga bulan Oktobe…
The present study has proposed Islamic Crowdfunding-Small and Medium Enterprises (ICSMEs) model to assist SMEs in meeting their need to access external financial services in Malaysia. Upon the proposed model, this study examines the behavioural intention of SMEs to use ICSMEs model. The primary data are collected from the survey administered to SMEs in the Klang Valley (n=250) and the analysis …
The high potential of crowdfunding industry in Indonesia, both for the social and economics motives has encouraged the platforms to formulate the right strategy to ensure a sustainable industry growth in the future. This study is aimed to find out some factors that affect individuals? financial contribution behaviours at two different models of crowdfunding in Indonesia: The Non-Investment (Don…
Implementasi urun dana (crowdfunding) merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi finansial (tekfin) atau financial technology. Kini berdonasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi, yaitu secara online melalui platform urun dana berbasis donasi. Namun masih relatif sedikit studi yang meneliti mengenai motivasi yang mendorong individu untuk berdonasi dalam platform urun dana. Ole…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal sosial dan faktor imbalan terhadap kesuksesan pengumpulan dana proyek crowdfunding di pasar negara berkembang selama periode Januari 2017 hingga Februari 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari situs Kickstarter.com yang merupakan proyek-proyek yang berasal dari negara Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan. Pe…
Pesatnya perkembangan layanan keuangan digital atau fintech di Indonesia membuat suatu potensi positif dibalik terancamnya keberadaan pemain lama dalam pasar layanan keuangan, salah satunya crowdfunding yang dapat diadopsi oleh Bank Syariah. Maka, untuk mengetahui potensi peluang ini, maka Bank Syariah perlu untuk mengetahui bagaimana respon dari stakeholder yang berpeluang untuk menjadi nasaba…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan reward-based crowdfunding dengan menggunakan dua sumber informasi yang berasal dari founders dan backers melalui teori signaling dan endorsement pada 498 proyek reward-based crowdfunding pada lima sektor industri teratas di negara ASEAN-Five yang terdaftar pada platform Kickstarter. Untuk mencapai tujuan ters…
Penelitian ini melihat multi-sided factors atas kesuksesan kampanye reward-based crowdfunding dengan pendekatan teori lintas disiplin menggunakan 620 sampel proyek di 5 industri teratas ASEAN-5 countries pada platform Kickstarter yang berlangsung dalam rentang waktu dari tahun 2014 hingga Januari 2019. Peneliti menggunakan estimasi regresi probit dan marginal effect dalam pengolahan data. Beber…
Penelitian ini meneliti pengaruh dari pengiriman sinyal dan identitas sosial yang melekat pada pemilik proyek dalam menentukan keberhasilan pendanaan proyek melalui skema crowdfunding. Penelitian diuji dengan menggunakan data dari 580 proyek-proyek yang penyelenggaraannya terdapat di negara Brazil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan yang tergabung dalam BRICS selama periode 2012 sampai …
Perkembangan crowdfunding platforms di Indonesia yang saat ini semakin pesat dalam menyalurkan pembiayaan dinilai dapat menjadi peluang bagi perbankan syariah untuk bekerja sama dengan perusahaan crowdfunding syariah dalam mengembangkan produk keuangan berbasis crowdfunding. Kerja sama tersebut dinilai dapat bermanfaat bagi perbankan syariah untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengelola dana in…