Fueled by the relentless disruption of emerging digital technologies, businesses are under pressure to adapt through digital transformation. However, research on digital transformation in the context of an emerging economy like Indonesia is still scarce, creating a knowledge gap. This study aims to bridge this gap by leveraging dynamic capabilities theory. The study explores how digital transfo…
Penelitian ini menilai dampak transformasi digital terhadap kinerja bank sebelas bank di Indonesia—meliputi bank konvensional dan syariah—selama periode dari kuartal kedua tahun 2016 hingga kuartal pertama tahun 2024. Metode kuantitatif, khususnya analisis regresi data panel, diterapkan untuk mengolah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan bulanan bank-bank tersebut. Variabel depe…
Inovasi menjadi dasar bagi infrastruktur digital baru di kalangan bisnis. Organisasi perlu mengembangkan orientasi digital dan kapabilitas digital dalam membangun inovasi digital. Peningkatan ketiga faktor tersebut diharapkan meningkatkan keunggulan kompetitif dan kinerja, khususnya di UMKM industri FMCG. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran dari persepsi lingkungan bisn…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap inovasi digital dan perubahan model bisnis media cetak di Indonesia. Penelitian menghasilkan temuan empiris bahwa pandemi Covid-19 telah menghadirkan disrupsi pada semua kegiatan media cetak, mulai dari produksi, distribusi, hingga konsumsi. Situasi ini membuat organisasi media cetak tidak memiliki banyak pilihan untuk b…
Dewasa ini, model bisnis dengan menggunakan platform menjadi fondasi yang penting bagi perekonomian. Kesuksesan dari platform GO-FOOD dipandang sebagai kesuksesan dari bisnis model yang menggunakan platform. Akan tetapi, hanya ada beberapa platform yang bisa mengakumulasi banyak konsumen atau pemakai platform yang loyal terhadap platform tersebut. Ketika kesuksesan bergantung pada bagaimana pen…