Is the demand for food influenced by urbanisation, and if so, in what way? This article reviews the relevant literature on this question and conducts an empirical investigation for Indonesia, asking whether the relationship between food demand and the conventional economic variables explaining demand is altered by structural changes in the degree of urbanisation. Urbanisation is associated with…
Includes index
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana produk halal memengaruhi keputusan repurchase intention konsumen di restoran halal. Produk halal, yang diproduksi sesuai dengan prinsip syariah Islam, memainkan peran penting dalam preferensi konsumen, terutama bagi mereka yang mengutamakan keyakinan agama dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini fokus pada pengaruh faktor-faktor h…
Penjualan makanan melalui online food delivery terus tumbuh secara signifikan seiring dengan perubahan pola konsumsi konsumen. Kebutuhan untuk membedakan layanan penjualan secara intuitif melalui berbagai isyarat stimulus telah menghasilkan brand experience yang beragam. Studi ini meneliti pengaruh visual element—fokus pada warna brand, deskripsi makanan, logo brand, dan gambar makanan sebaga…
Artikel ini berbincang tentang gagasan perusahaan masakan Nasi Padang yang berpotensi untuk menginovasikan diri menawarkan makanan cepat saji ala fast-food McDonald. Perusahaan makanan McDonald didirikan di San Bernardino, Californiapada tahun 1940 sebagai suatu usaha restoran barbeku kecil. Kemudian pada tahun 1948 merubah dirinya menjadi suatu usaha makanan hamburger, lalu selanjutnya membuat…
Perkembangan smart technologies telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan layanan, khususnya di industri makanan dan minuman (F&B), yang mulai mengadopsi menu QR code sebagai solusi inovatif untuk menggantikan menu cetak tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi consumers’ intention dalam menggunakan menu QR code di industri F&B dengan m…
The concept of Halal defines what adheres to Islamic law and is so comprehensive that it goes beyond food to include processes. The Halal industry has allowed many business firms a competitive advantage and is integral in its support for industries from food, tourism, banking and hospitality to medical. This book gives an overview of what Halal is in logistics and supply chain management, and d…
.
Includes bibliographies, index and tables
Dunia saat ini berkembang pesat dengan kemampuan kecerdasan buatan (AI) untuk membuka cara-cara baru dan menarik untuk melibatkan pelanggan. Dengan memberikan penawaran inovatif dan pengalaman yang dipersonalisasi, AI memperkuat ikatan antara merek dan konsumen mereka, sehingga membedakan mereka dari para pesaing. Berdasarkan model Stimulus-Organism-Response (SOR), penelitian ini bertujuan untu…
Permintaan kopi lokal yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menyebabkan konsumsi kopi lokal meningkat dan tumbuhnya gerai kedai kopi lokal. Fenomena budaya minum kopi merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang memicu peningkatan konsumsi dan produksi kopi lokal. Penelitian ini berfokus pada jaringan kedai kopi lokal yang merupakan salah satu pemimpin pasar di Indonesia dan telah mengala…
Ketahanan pangan merupakan isu global yang memiliki peranan vital dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Indonesia mengalami penurunan skor di kategori ketersediaan pangan pada tahun 2022 yang dipengaruhi oleh produksi pangan. Adanya pertumbuhan komoditas pangan yang masih kecil tidak sebanding dengan rata-rata pertumbuhan penduduk. Upaya pemerintah untuk mencapai ketahanan pangan dengan DAK…
Includes bibliographies and index
In The Halal Frontier Johan Fischer shows that halal (literally lawful or permitted) is no longer an expression of esoteric forms of production, trade and consumption, but part of an expanding globalised market. This book explores modern forms of halal understanding and practice in the halal consumption of middle-class Malays in the diaspora.
Konsep ekonomi sirkular dianggap sebagai paradigma alternatif yang bertujuan mengatasi tantangan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia. Pada tingkat mikro yaitu tingkat perusahaan, ekonomi sirkular sangat terkait dengan praktik manajerial dalam menerapkan model bisnis ekonomi sirkular. Dalam penelitian ini, studi kasus digunakan untuk menganalisis tiga perusahaan yang bergerak di …
Includes bibliographies, index and tables
Includes bibliographies and index
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi dampak arus kas volatilitas terhadap keputusan penggunaan utang. Sampel ini terdiri dari perusahaan dari lima negara di Asia Tenggara yaitu Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia, di subsektor manufaktur makanan dan minuman selama periode 2018 - 2022. Data yang digunakan merupakan kombinasi dari data cross section dan data …
Pada perusahaan makanan penerapan Total Quality Management System merupakan hal yang penting untuk dapat membantu perusahaan menghasilkan produk berkualitas untuk konsumen dan dapat menjadi keunggulan daya saing terhadap kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan TQM pada perusahaan Fast Moving Consumer Good yang memproduksi makanan minuman terhadap kinerja operasional. D…
Perkembangan usaha penyedia makan minum di Indonesia semakin pesat, didukung penetrasi internet yang luas dan potensi yang signifikan. Pelaku bisnis di Indonesia diajak untuk memanfaatkan food influencer untuk menciptakan keterlibatan customer melalui sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara empiris pengaruh dari perceived enjoyment, kredibilitas food influencer, homophily, …