Shopee Paylater adalah layanan pembayaran kredit online yang memungkinkan pengguna membayar produk di Shopee dengan sistem cicilan menggunakan konsep "Buy Now, Pay Later". Layanan ini merupakan bagian dari inovasi dalam dompet digital, yang menghadirkan fitur pembayaran berbasis kredit melalui perangkat seluler. Baik manufaktur maupun layanan keuangan mengembangkan inovasi teknolo…
Kemajuan teknologi telah mempengaruhi berbagai sektor, termasuk sektor keuangan, dengan pinjaman digital sebagai salah satu layanan yang makin diminati masyarakat. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengajuan pinjaman digital di kalangan konsumen menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), dengan memperluas cakupan dengan Perceived Trust, Perceived Risk, dan Financ…
Transformasi sistem pembayaran secara tunai beralih ke pembayaran digital telah merubah cara transaksi jual beli barang maupun jasa, hal ini membuat transaksi menjadi efektif dan efisien dari pihak penjual maupun konsumen. Dengan mempelajari faktor yang mempengaruhi resistensi konsumen maka dapat menjadi acuan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Walaupun pembayaran seluler bertuj…
Covid-19 telah mendorong digitalisasi di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Digitalisasi tidak hanya mendisrupsi interaksi manusia tetapi juga banyak bentuk layanan, termasuk kesehatan. Digitalisasi dalam sektor kesehatan telah mengembangkan telemedisin – suatu sistem digital yang menyediakan banyak bentuk layanan seperti konsultasi dengan professional dalam bidang kesehatan dari jarak jauh…
Pembayaran non-tunai sedang mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia, dengan sekitar 55 persen pengguna smartphone melakukan transaksi non-tunai setiap hari. Penggunaan sistem pembayaran non-tunai semakin meningkat, mencapai 45,0 persen dari total volume transaksi pada tahun 2020, yang memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain utama dalam industri fintech dan pembayaran non-tunai di Asia Tengg…
Mobile wallet menjadi sebuah inovasi baru yang menghadirkan layanan finansial pada perangkat seluler, salah satunya pembayaran dengan metode kredit non kartu, yaitu paylater. Saat ini di Indonesia terdapat beberapa perusahaan dompet digital yang menyediakan fitur pembayaran paylater seperti Shopeepay, OVO, Go-pay, DANA, dan lain-lain. Baik manufaktur maupun financial service melakukan pengemban…
Kejadian pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen dalam hal konsumsi hiburan. Munculnya layanan Over-the-Top video streaming services (OTT) telah meningkatkan kenyamanan dalam akses konsumen terhadap hiburan berupa film dan serial. Hal ini menyebabkan munculnya persaingan dalam industri layanan OTT video streaming services, dan oleh karena itu perusahaan-perusahaan perlu memahami peril…
Layanan pembayaran seluler semakin populer di Indonesia, menawarkan cara yang nyaman dan aman untuk melakukan transaksi digital. Seiring dengan terus berkembangnya penyedia digital di negara ini, minat dalam mengadopsi layanan pembayaran seluler semakin meningkat. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi intention to use layanan ini sangat penting bagi pengembangan layanan pemb…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi intensi untuk menggunakan bank digital syariah pada generasi Z di Indonesia dengan menggunakan Technology Acceptance Model. Sampel yang digunakan yaitu penduduk Indonesia beragama Islam yang termasuk dalam generasi Z dan belum pernah menggunakan bank digital syariah. Data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 196 responden yang k…
Pandemi COVID-19 mengubah perilaku konsumen adanya kebijakan physical distancing membuat konsumen mencoba melakukan aktivitas tanpa kontak termasuk melakukan transaksi pembelian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. perkembangan transaksi ekonomi kini mengarah pada terbentuknya budaya cashless society salah satunya adalah penggunaan system pembayaran QRIS di Indonesia. Penelitian ini bertujuan men…
Perkembangan teknologi informasi berbasis internet semakin mempermudah aktivitas jual beli, salah satunya dapat kita lihat melalui fenomena pertumbuhan transaksi tiket digital bioskop. Dengan mengadopsi model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) sebagai kerangka teori, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari performance expectancy, effort expectancy, social…
Pada era inovasi disruptif saat ini, karyawan harus memiliki daya saing yang mumpuni agar dapat meningkatkan keterlibatan karyawan pada kemajuan perusahaan. Hal tersebut dapat dilakukan apabila sistem manajemen kompetensi yang dikembangkan untuk karyawan selaras dengan kebutuhan perusahaan dalam persaingan global. Pada proses pelaksanaannya, pelatihan berbasis kompetensi yang mengikuti tata car…
Penelitian ini membahas intensi dalam penggunaan dompet digital oleh pelaku usaha Mikro atau Kecil terutama Penyedia Makan dan Minum di wilayah Indonesia yang dipengaruhi oleh beberapa faktor penting terkait persepsi pelaku usaha dalam penggunaan teknologi baru. Persepsi risiko merupakan faktor penting lainnya yang ditambahkan dalam penelitian sebagai ancaman yang dapat mempengaruhi perilaku pe…
Islamic financial literacy is the extent to which a person has a set of knowledge and skills to understand the importance of Islamic financial services that affect their attitude regarding the intention to use Islamic finance. This study examines the effect of the dimensions of brand awareness of Islamic Banks, Cost and benefit of Islamic Bank's product, reputation of Islamic bank and Islamic f…
Ada Tabel
Ada Tabel
Ada Tabel
Ada tabel
Tesis berikut membahas faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi uang elektronik Jakcard sebagai alat pembayaran, dengan studi kasus sistem pembayaran tiket Transjakarta. Dalam penelitian ini menggunakan Theory Acceptance Model (TAM), dengan menambahkan konsep facilitating condition dan attractiveness of alternative. Pengumpulan data dilakukan terhadap pengguna uang elektronik Jakcard di empat lok…