Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen Muslim terhadap buku bajakan atau e-book ilegal di Indonesia. Dengan menggunakan kerangka teori Theory of Planned Behavior (TPB), penelitian ini mengkaji pengaruh idealisme, relativisme, religiusitas, etika konsumen, kesadaran harga, dan sikap terhadap niat beli konsumen terhadap buku bajakan atau e-bo…
Penelitian ini secara umum menggunakan investment model dalam konteks media sosial untuk menyelidiki pengaruh keceriaan dan keahlian konten seorang influencer terhadap niat pengguna media sosial untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan oleh influencer favorit mereka. Secara khusus, penelitian akan membandingkan efektivitas endorsement antara micro-influencer dan mega-influencer. Stud…
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana adopsi sistem pembayaran digital dan transaksi elektronik di Indonesia berdasarkan faktor-faktor yang digunakan dalam metode TAM yakni kegunaan dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini juga menggunakan faktor tambahan seperti pengaruh sosial, literasi finansial, keamanan dan privasi; dan dukungan pemerintah untuk melihat sejauh mana layanan pem…
Penelitian ini mengkaji pengaruh Kegiatan Pemasaran Media Sosial (SMMA) terhadap perilaku konsumen terhadap merek fashion lokal di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada lima dimensi utama SMMA: interactivity, informativeness, Personalization, Trendiness, dan word-of-mouth (WOM). Penelitian ini melampaui penelitian sebelumnya dengan menyelidiki efek moderasi tingkat keterlibatan pelanggan pada…
Sektor pangan halal mendominasi industri halal dan memiliki dampak signifikan pada perekonomian global dan perekonomian Indonesia. Walaupun demikian, sebagian besar UMKM di Indonesia belum mengantongi sertifikat halal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor – faktor pendorong kinerja UMKM (seperti komitmen organisasi, motivasi internal dan tekanan eksternal) da…
Supply Chain Management (SCM) merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia kesehatan karena berpengaruh langsung terhadap kualitas layanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan supply chain management produk kesehatan terhadap kepuasan rumah sakit dan laboratorium klinik. Penelitian ini menggunakan enam dimensi kualitas layana…
E-Grocery adalah e-Commerce business-to-consumer (B2C) dengan tujuan utama menjual bahan makanan secara online. Karakteristik layanan ini antara lain menggunakan sistem digital (aplikasi website), dan barang dikirim secara instan (doorstep delivery). Di tengah maraknya penggunaan e-Grocery, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara E-Service Quality, e-Satisfaction dan e-Loyalty pada produk…
Penelitian ini menyoroti peran penting dompet elektronik dalam era global saat ini dan menekankan perlunya analisis lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku dan penggunaan dompet elektronik di Indonesia. Mengingat masih belum diketahui secara lengkap faktor-faktor yang membentuk niat masyarakat untuk menggunakan dompet elektronik, penelitian ini mencoba mengisi celah t…
Penelitian ini menguji faktor – faktor yang mempengaruhi pengembangan kewirausahaan perempuan di sektor pembiayaan ultra mikro (UMi) di Indonesia, dengan fokus pada PNM Mekaar Syariah, salah satu lembaga keuangan ultra mikro syariah terkemuka. Berdasarkan kerangka teori dari pemberdayaan ekonomi perempuan, penelitian ini menganalisis dampak business support, skill development training, busine…
Industri sepak bola global diprediksi tumbuh di masa yang akan datang. Meskipun menjanjikan, bisnis tim sepak bola terbukti tidak selalu menguntungkan. Profesionalisasi industri olahraga mendorong transformasi manajemen tim sepak bola menjadi entitas bisnis dengan fokus keuntungan dan keberlanjutan. Penelitian ini menganalisis komponen brand love yang terdiri dari enam aspek kunci, yaitu passio…
Dalam industri hiburan, games telah menjadi pemimpin baru, dengan model pendapatan free-to-play menjadi populer. Gacha games, sebagai salah satu jenis game free-to-play, telah menarik perhatian sebagai objek penelitian. Namun, penelitian terkait gacha games cenderung terfokus pada pembelian konsumen, tanpa memperhatikan consumption behavior lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan …
Konsumen semakin beralih ke platform media sosial untuk berpartisipasi dalam komunitas merek sebagai cara memperoleh informasi tentang merek dan mendapatkan wawasan dalam keputusan pembelian mereka secara keseluruhan. Hipotesis kami adalah bahwa hubungan antara aktivitas pemasaran media sosial (SMM) dan ekuitas merek berbasis konsumen (CBBE) di kalangan Milenial dimediasi oleh keuntungan konsum…
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja faktor religiusitas (perceived religiosity on property, perceived Islamic debt principle, perceived maqasid on homeownership, shariah-compliant products) dan faktor finansial (mortgage repayment policy, well-versed bankers, perceived financial benefit, perceived risk) yang mempengaruhi kesediaan masyarakat berpenghasilan rendah untuk memi…
Perkembangan teknologi dan digitalisasi mendorong berbagai inovasi, inisiatif dan strategi baru dalam berbagai hal. Salah satunya dalam hal pemasaran. Media sosial sebagai salah satu media dalam komunikasi juga merupakan bentuk inovasi teknologi yang juga digunakan dan dimanfaatkan sebagai media dalam pemasaran. Salah satu bentuknya adalah influencer marketing dimana pemasaran dilakukan dengan …
Seiring meningkatnya berbagai permasalahan lingkungan, kesadaran manusia terhadap isu lingkungan semakin meningkat, dan tren untuk menggunakan produk ramah lingkungan juga semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian tumbler sebagai produk ramah lingkungan di kalangan generasi Z dan milenial muslim di daerah perkotaan, serta pera…
Tren saat ini dimana pelanggan mengharapkan dan menuntut perusahaan untuk beroperasi secara etis menyebabkan banyak perusahaan menjunjung tinggi etika untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar dalam menghadapi persaingan di pasar. Hal yang sama berlaku untuk Starbucks, merek kopi yang sudah ada sejak lama yang dikenal luas di seluruh dunia dan di Indonesia. Tingginya konsumsi kopi di Indonesi…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari keyakinan psikologis (subjective financial knowledge, financial attitude, dan locus of control) terhadap kesejahteraan finansial (financial well-being) dengan perilaku keuangan sebagai variabel mediasi. Sampel dari penelitian ini adalah angkatan kerja di wilayah DKI Jakarta. Jumlah responden yang berhasil dikumpulkan sebanyak 200. Data yan…
Tesis ini secara spesifik mendiskusikan pengaruh celebrity endorsement terhadap intention to vote para calon pemilih pada pemilihan presiden. Source credibility model merupakan teori yang digunakan sebagai dasar pada penelitian ini. Studi ini memodifikasi model dasar dengan menambahkan variabel celebrity familiarity dan celebrity likeability terhadap attitude toward celebrity endorsement dan in…
Hadirnya bank digital syariah di Indonesia menunjukkan adanya potensi digitalisasi pada sektor perbankan syariah yang semakin berkembang. Minat generasi muda yaitu generasi milenial dianggap cukup tinggi terhadap perkembangan bank digital syariah, namun masih memiliki minat menabung yang rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor (literasi keuangan syariah, …
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat tinggal di perumahan pensiunan pada muslim Indonesia mengacu pada peningkatan jumlah penduduk usia lanjut. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain Theory of Planned Behavior (TPB) dan desain Ecological Theory of Aging (ETA) dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan variabe…