Perilaku merokok telah meningkatkan beban sosial, ekonomi, dan kesehatan bagi Indonesia. Prevalensi merokok di kalangan masyarakat Muslim masih sangat tinggi dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk mengurangi perilaku ini di masyarakat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana religiusitas, kondisi kesehatan, dan kendala keuangan akan …
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana produk halal memengaruhi keputusan repurchase intention konsumen di restoran halal. Produk halal, yang diproduksi sesuai dengan prinsip syariah Islam, memainkan peran penting dalam preferensi konsumen, terutama bagi mereka yang mengutamakan keyakinan agama dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini fokus pada pengaruh faktor-faktor h…
We investigate the effects of COVID-19 lockdowns on frequency of online search on mental well-being and religiosity-related terms in Indonesia using high-frequency data from Google Trends and Bank Indonesia Consumer Survey from January 1st, 2018, to February 28th, 2021. Monthly search terms and consumer survey data are merged at the provincial level, which results in a total of 131,300 individu…
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana peran serta pengaruh dari religiusitas, consumer animosity dan consumer ethnocentrism terhadap penilaian produk Starbucks Indonesia yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen setelah konflik Israel-Palestina kembali pecah di akhir tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan objek penelitian untuk pengumpul…
Penelitian ini menginvestigasi dampak tingkat religiusitas dan work-life balance terhadap usaha kerja dan kepuasan kerja karyawan di Lembaga Negara di Indonesia, yang tengah menghadapi tantangan global. Fokus lembaga pada transformasi sumber daya manusia dan budaya kerja. Hasil menunjukkan bahwa tingkat religiusitas tinggi berhubungan positif dengan usaha kerja, sementara work-life balance memi…
Meningkatnya kesadaran dan permintaan produk makanan halal di Indonesia, khususnya di kalangan penduduk mayoritas Muslim, telah secara signifikan mempengaruhi usaha kecil di sektor kuliner. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian usaha mikro kuliner di Depok, dengan fokus pada kesadaran halal, kontrol perilaku yang dirasakan, norma subjektif, religiusitas, …
Industri modest fashion di Indonesia telah berkembang pesat. Seiring dengan kemajuan teknologi yang dapat memfasilitasi segala aktivitas, salah satunya memasarkan produk secara online. Hadirnya platform e-commerce menjadi saluran yang memudahkan konsumen untuk menjelajahi dan membeli produk modest fashion. Konsumen muslim menjadi pasar yang potensial bagi merek modest fashion. Maka, penelitian …
Penelitian ini ditujukan untuk melihat implikasi pengaruh identitas halal perusahaan, identifikasi pelanggan perusahaan lawson, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan generasi Z dan milenial muslim di pasar produk ritel khusus corner makanan & minuman. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) PLS menggunakan SmartPLS 4.0 untuk menguji hipotesis-hipotesis …
Konsumen Muslim di Indonesia memiliki intensi pembelian produk prososial yang kompleks karena didorong oleh kombinasi nilai agama, norma sosial, dan motivasi pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian produk prososial tersebut. Model kombinasi Social Dilemma Theory (SDT) dan Theory of Planned Behavior (TPB) digunakan sebagai model utama…
Keuangan Islam berbasis syariah, yang dikenal sebagai keuangan berbasis aset, mengalami pertumbuhan pesat di seluruh dunia, termasuk di negara-negara non-Muslim, dengan aset bernilai sekitar USD 2 triliun. Salah satu instrumen penting adalah obligasi syariah, yang berbeda dari obligasi konvensional karena didasarkan pada prinsip-prinsip syariah seperti mudharabah dan ijarah, dan telah berkemban…
Kondisi alam yang kian memburuk telah meningkatkan perhatian masyarakat terhadap lingkungan. Salah satu bidang yang sangat berperan besar terhadap kondisi lingkungan saat ini adalah industri makanan dan minuman. Sampah yang dihasilkan dari proses produksi dan kemasan produk makanan dan minuman menjadi salah satu permasalahan yang cukup kompleks di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dila…
Pasar makanan organik telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Religiosity terhadap Green Repurchase Intention. Dimensi lingkungan dari Spiritual Well Being (yaitu Environmental Well Being) dianalisis sebagai mediator dan Green Skepticism sebagai moderator. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif. Metod…
Seiring dengan perkembangan teknologi, terutama pada pembayaran digital, masyarakat semakin dimudahkan dalam berdonasi. Namun, karakteristik dan kualitas sistem informasi serta kepercayaan terhadap platform donasi digital masih menjadi aspek yang perlu ditinjau kembali mengingat banyaknya terjadinya permasalahan terkait aspek tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentif…
Dalam beberapa waktu terakhir, permintaan akan makanan yang disajikan di jalanan semakin meningkat. Namun, dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan kehalalan makanan, perilaku membeli street food juga dipengaruhi oleh berbagai faktor psikologis dan sosial. Di sisi lain, seorang muslim diwajibkan untuk mengonsumsi makanan halal dan thayyib. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk…
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja faktor religiusitas (perceived religiosity on property, perceived Islamic debt principle, perceived maqasid on homeownership, shariah-compliant products) dan faktor finansial (mortgage repayment policy, well-versed bankers, perceived financial benefit, perceived risk) yang mempengaruhi kesediaan masyarakat berpenghasilan rendah untuk memi…
Permintaan akan produk halal terus meningkat, dengan banyaknya kuliner halal di seluruh dunia dan meningkatnya jumlah produsen. Perlu adanya pemahaman makna halal, konotasi keagamaannya, dan persyaratan kesadaran halal untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Studi ini meneliti perilaku konsumen Muslim usia kerja di Bali terkait makanan halal, memberikan wawasan tentang tantangan dan motif merek…
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia, tetapi jumlah nasabah bank syariah masih sedikit dibandingkan dengan bank konvensional. Oleh karena itu, untuk meningkatkan minat menabung di bank syariah, perlu dilakukan kerja sama berbagai pihak, salah satunya melalui lembaga pendidikan. Meskipun sudah banyak penelitian yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi minat …
Dengan meningkatnya konsumsi dan pertumbuhan industri frozen food mendorong pemerintah untuk memperhatikan kehalalan dari produk frozen food. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis kesasaran halal generasi Z tentang pengetahuan rantai pasokan halal terhadap niat membeli produk frozen food halal. Penelitian ini mengumpulkan data primer melalui survey yang disebarkan secara online ke seluruh …