Penelitian ini membahas dan meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian ulang pada platform TikTok. Untuk memahami hal tersebut, studi ini menggunakan kerangka Stimulus-Organism-Response (SOR) untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berkaitan dengan stimulus, yakni karakteristik streamer dan persepsi nilai terhadap platform, dalam memicu organism, yakni kepuasan dan kepercayaan yang b…
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana produk halal memengaruhi keputusan repurchase intention konsumen di restoran halal. Produk halal, yang diproduksi sesuai dengan prinsip syariah Islam, memainkan peran penting dalam preferensi konsumen, terutama bagi mereka yang mengutamakan keyakinan agama dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini fokus pada pengaruh faktor-faktor h…
Penjualan makanan melalui online food delivery terus tumbuh secara signifikan seiring dengan perubahan pola konsumsi konsumen. Kebutuhan untuk membedakan layanan penjualan secara intuitif melalui berbagai isyarat stimulus telah menghasilkan brand experience yang beragam. Studi ini meneliti pengaruh visual element—fokus pada warna brand, deskripsi makanan, logo brand, dan gambar makanan sebaga…
Trend minuman boba semakin berkembang pesat di Indonesia dan mengakibatkan persaingan yang semakin ketat di antara merek-merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak elemen-elemen anthropomorfik pada merek minuman boba terhadap pembentukan tiga aspek penting, yaitu resistance to negative information, repurchase intention, dan brand defense yang dimediasi oleh brand trust d…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing activities terhadap brand equity melalui Instagram pengguna bright gas. Penelitian ini juga menyelidiki peran dari instagram marketing activites terhadap brand awareness, brand image dan perceived quality serta hubungan terhadap electronic word of mouth dan Brand Repurchase Intention, Penelitian ini merupakan peneliti…
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kerangka kerja dari sudut pandang kualitas (quality perspective) terhadap niat membeli kembali (repurchase intention) dalam konteks penyedia layanan digital by.U. Penelitian ini juga menganalisis peran mediasi dari tingkat harga (price level) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Penelitian ini menggunakan studi empiris dengan metode kuan…
Pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia didorong oleh konsumsi tinggi kopi di kalangan penggemar kopi muda dari Generasi Y dan Z, membuat Indonesia menjadi konsumen kopi nomor satu di Asia Tenggara. Karena tren ini terus membentuk perilaku konsumen, mengeksplorasi dampak dari keterlibatan pelanggan di dalam toko kopi ini menjadi penting. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menyelidiki bag…
Kemajuan teknologi telah mengakibatkan berkembangnya layanan e-commerce, sehingga meningkatkan permintaan dan persaingan terhadap jasa kurir di Indonesia. Pos Indonesia, sebagai pelopor dalam layanan kurir, kini menghadapi persaingan dari pemain industri seperti JNE, J&T, SiCepat, dan lainnya, yang menerapkan strategi berfokus pada pemberian relational benefits. Relational Benefits ini meliputi…
Perkembangan teknologi berbasis internet dan peningkatan penggunaan smartphone telah menjadi alat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan online mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality, customer satisfaction dan customer trust terhadap loyalty intention dalam mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi PLN Mobile. Penelitian ini menggunakan pen…
Mengingat e-commerce telah menjadi kebutuhan utama, maka penyedia e-commerce harus meningkatkan produk dan layanannya. Layanan purna jual adalah salah satu yang harus dipertimbangkan untuk mengurangi keraguan pelanggan dalam menggunakn e- commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran layanan purna jual e- commerce (pengembalian produk, pertukaran, dan pemeliharaan) pada sikap p…
Dengan mulai berkembangnya pasar mobil listrik di Indonesia, sebagai upaya mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan memperbesar pasar menggunakan pembelian ulang, tercetuslah pertanyaan terkait apa yang dapat menyebabkan konsumen untuk melakukan pembelian ulang terhadap mobil listrik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan ko…
Industri kosmetik di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang baik seiring dengan perubahan dan perkembangan gaya hidup. Di samping itu, terdapat beberapa faktor permasalahan, yaitu dari sisi kesehatan (potensi kandungan bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan), lingkungan (pencemaran lingkungan akibat proses produksi maupun pembuangan produk), dan kesejahteraan hewan (adanya p…
Tren berinvestasi melalui Mobile Banking dan Financial Services (MFS) semakin meningkat karena tingginya minat investor perorangan di Indonesia. Sejalan hal tersebut, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh expectation, perceived enjoyment, perceived ease of use, satisfaction, perceived trust terhadap repurchase intention instrumen keuangan melalui MFS. Studi ini menggunakan 2…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demand, convenience, interactivity, dan playfulness sebagai faktor eksternal video pendek yang memberikan stimulus terhadap perceived enjoyment. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived enjoyment terhadap hedonic motivation dari pembelian produk pakaian yang pernah dilakukan. Kemudian, hedonic motivation dari pembelian …
Dewasa ini pertumbuhan bisnis dan ekonomi sudah semakin maju. Begitu pula dengan Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek yang terdiri Ibukota Jakarta dan kota-kota disekitarnya dengan populasi usia produktif yang cukup tinggi. Namun, selain dari pertumbuhan bisnis dan ekonomi, peningkatan jumlah limbah pun semakin meningkat. Salah satunya jumlah limbah pada industri tekstil Indonesia. Oleh …
Adanya kemajuan teknologi dan pergeseran aktivitas masyarakat dari luring ke daring menyebabkan kebutuhan akan smartphone meningkat. Pasar smartphone yang besar menarik banyak pelaku bisnis untuk bersaing melalui inovasi teknologi. Brand atau merek memainkan peran penting dalam persaingan di pasar smartphone. Untuk memenangkan persaingan, strategi merek yang efektif digunakan untuk menjangkau t…
Fesyen memiliki kaitan yang luas dengan simbol visual, terutama di era ekonomi digital. Penelitian ini mengeksplorasi interaksi antara persepi simbol visual digital dengan kehadiran sosial, kegembiraan kolektif, identitas budaya, dan niat pembelian ulang, serta pengaruh moderasi dari identitas budaya dan melihat perbandingan hasil penelitian pada merek fesyen lokal dan merek fesyen global. Surv…
Pasar makanan organik telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Religiosity terhadap Green Repurchase Intention. Dimensi lingkungan dari Spiritual Well Being (yaitu Environmental Well Being) dianalisis sebagai mediator dan Green Skepticism sebagai moderator. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif. Metod…
Indonesia mendapat peringkat ketiga pada kategori modest fashion menurut State of the Global Islamic Economy Report. Dengan begitu, menandakan bahwa industri fashion di Indonesia yang semakin menguat dan membuat peluang pasar yang cukup baik bagi para pelaku usaha. Kebutuhan Informasi agar merek-merek local dapat bertahan dengan adanya trend modest fashion ini. Maka, penelitian ini bertujuan un…