Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek dari self-service technology quality setelah terjadi kegagalan dan pemulihannya pada pengalaman pelanggan, kepuasan dan intensi untuk membeli kembali pada saat melakukan online shopping.2018
Kegagalan layanan tak dapat dihindarkan dan perusahaan berupaya merespon dengan berbagai upaya pemulihan. Selama ini, tanggungjawab atau inisiatif pemulihan cenderung berasal dari perusahaan. Namun, semakin tingginya keterlibatan pelanggan membuat partisipasi pelanggan menjadi isu pemasaran yang semakin hangat untuk diteliti dan diaplikasikan termasuk dalam konteks kegagalan dan pemulihan layan…
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab inkonklusi mengenai eksistensi paradoks pemulihan layanan (service recovery paradox), khususnya pada layanan maskapai penerbangan di Indonesia. Paradoks pemulihan layanan pada penelitian ini akan diukur menggunakan tingkat kepuasan akhir dan intensi pembelian kembali (repurchase intention) dari pelanggan. Sementara itu, dimensi layanan dan tingkat keparah…
Ada Tabel
Ada Tabel
Ada tabel
This research aims to study the relationship of service failure severity, service recovery justice, and perceived switching costs with customer loyalty in Jabodetabek area. This research succeeded to collect 157 respondents and examine the relationship between the observed variables. Methods used to process the data on this research is by using the Structural Equation Modeling. The results of r…
Kepuasan terhadap service recovery oleh pelanggan dapat dilihat dari beberapa konsep dimensi keadilan yang dikemukakan oleh Tax et al.(1998, hal.62) yaitu berupa keadilan distributif (distributive justice), keadilan prosedural (procedural justice), dan keadilan interaksional (interactional justice). Distributive justice berkaitan dengan hasil dari usaha yang dilakukan untuk pemulihan jasa. Bila…
Service recovery atau pemulihan jasa sebenarnya bukanlah hal baru dalam pemasaran jasa. Namun di dunia nyata, perusahaan khususnya penyedia jasa, seringkali melupakan arti penting sebuah penanganan keluhan dari konsumen. Hal tersebut perlu dicermati mengingat dampaknya yang relatif besar mulai dari meningkatkan kepuasan pelanggan sampai membentuk loyalitas pelanggan di masa yang akan datang. P…
Ada tabel
Kegagalan layanan seringkali tidak dapat dihindari baik karena kesalahan SUlllber Daya Manusia dalam hal ini karyawan, maupun kesalahan yang disebabkan oleh non-SUlllber Daya Manusia. Saat terjadi kegagalan layanan, manusia cenderung mencari penyebabnya. Attribution Theory menjelaskan secara cognitive, mengapa suatu peristiwa dapat terjadi dan penjelasan tersebut a…
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa customer satisfaction dalam konteks service recovery di PT. Primajasa Perdanaraya Utama. Melaksanakan service recovery menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan apabila perusahaan tersebut melakukan kegagalan layanan kepada customer. Responden dalam penelitian ini berjumlah 130 orang, yaitu pelanggan yang pernah merasakan kegagalan layanan jasa dari PT. …