Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pemeriksaan pajak pada KPP Pratama Bengkulu Dua. Evaluasi dilakukan atas faktor dukungan manajemen puncak, regulasi, kualitas pemeriksaan, pemeriksa pajak, wajib pajak, dan sistem informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode analisis kualitatif deskriptif atas data pada KPP dan hasil wawancara dari responden kepala unit, waji…
The objectives of this study were to empirically test the difference of ethical perceptions between tax officers and students, and to test the difference between groups in tax officers and students. Population of this study was tax officers in Java except West Java and Banten provinces and students of Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Questionnaires were distributed to 1000 tax officers a…
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja 29 Kantor Wilayah DJP di Indonesia beserta potensi peningkatan dan kemungkinan faktor lain yang berpengaruh terhadap efisiensi kinerja menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Efek dari tingkat kepatuhan Wajib Pajak sebagai salah satu faktor penentu efisiensi akan ditelusuri dengan analisa ekonometrika (model regresi Tobit) pada tahap kedua. Ha…
Ada tabel
.
Ada tabel
Studi ini meneliti hubungan antara penggelapan pajak, sebagai salah satu indikator kepatuhan pajak, dan ekspektasi bisnis serta determinan-determinan lainyang potensial. Variabel-variabel yang dipilih dalam hubungannya dengan penggelapan pajak adalah net profit margin, inventory turnover, corporate income, marginal tax rate dan fixed assets ratio. Dari hasil regresi menun…
This study aims to know the awareness of employees about the whistleblowing system, the code of ethics and values that is espoused by the Directorate General of Taxation (DGT) in Indonesia, perceptions? employee about the protection system for whistleblower and their families and follow-up of reporting, the award is selected by whistleblower and employee opinions DGT for the existence of the wh…
The purpose of this study was to investigate the effects of job stress and organizational ethical climate on tax officer?s turnover intentions, with job satisfaction as intervening variable. The study was conducted to 356 tax offices (account representatives and tax auditors) in Kanwil DJP Jakarta Selatan and Kanwil DJP Jawa Timur II. The data was analyzed using Structural Equation Modeling (SE…
The objectives of this study were to empirically test the difference of ethical perceptions between tax officers and students, and to test the difference between groups in tax officers and students. Population of this study was tax officers in Java except West Java and Banten provinces and students of Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Questionnaires were distributed to 1000 tax officers a…
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh dari keadilan interaksi dan iklim organisasi terhadap penyimpangan perilaku produksi. Dikarenakan penyimpangan perilaku kerja banyak dialami oleh karyawan dan menimbulkan biaya yang sangat besar bagi organisasi. Penelitian ini mengambil sampel di Suku Dinas Pelayanan Pajak Jakarta Timur & lima Kantor Unit Pelayanan Pajak Daerah Jakarta…
Ada tabel
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat komitmen organisasi, komitmen jabatan serta pengaruhnya terhadap tingkat turnover intention dari pegawai KPP Wajib Pajak Besar dan KPP Khusus. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 225 responden pegawai kantor tekait, dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan regresi linear. Hasil dari penelitian ini m…
Commitment to Change adalah faktor terpenting yang menetukan suksesnya perubahan organisasi. Merujuk pada teori Herscovitch & Meyer, 2002 penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perception of change effectiveness dan communication related change terhadap Commitment to Change. Penelitian di lakukan di delapan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar dan Khusus di wilayah Jakarta…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh role stress terhadap kinerja pegawai dengan metode regresi linier dan multivariate GLM terhadap 192 orang responden yang bertugas sebagai Account Representative dan Fungsional Pemeriksa Pajak di Lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar dan Jakarta Khusus. Role stress diukur dengan instrumen yang dikembangkan oleh Rizzo, House dan …
Employee engagement merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh Direktorat Jenderal Pajak khususnya Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar dan Jakarta Khusus. Employee engagement dapat dipengaruhi salah satunya melalui keterlibatan pegawai dengan dukungan penuh dari atasan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar dan Jakarta Khusus dengan responden berju…
Pembaharuan sistem perpajakan nasional atau lebih dikenal dengan reformasi perpajakan, di mana ada implementasi sistem Self Assessment, yang memberikan keleluasaan bagi wajib pajak untuk membayar dan melaporkan kewajiban pajaknya sendiri. Tapi bagaimana jika wajib pajak tidak dapat memenuhi kewajiban perpajakan baik karena ketidakpatuhan dalam sistem perpajakan maupun faktor lainnya. Skripsi in…
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktik kepemimpinan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai salah satu sektor publik di Indonesia. Penelitian ini juga untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diharapkan oleh pegawai. Responden yang terlibat sebanyak 550 Account Representative dan 68 Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi dari 17 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah D…
Tesis ini membahas hubungan antara praktik-praktik manajemen sumber daya manusia dengan kualitas pelayanan account representative dengan kepuasan kerja sebagai mediator di KPP di KANWIL DJP wajib pajak besar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey dengan menggunakan kuisioner penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja memediasi pengaruh praktik-…
Kepuasan kerja merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Jakarta karena dapat memberikan dampak kepada prestasi kerja karyawan. Mempengaruhi kepuasan kerja dapat diartikan sebagai tindakan mempengaruhi perilaku karyawan untuk meningkatkan prestasi kerja mereka. Secara teoritis, kepemimpinan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kepuasan kerja karyaw…