Pariwisata Indonesia telah berkembang secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2013 sektor pariwisata Indonesia menyumbang devisa sebesar 10.054 juta US$., menduduki urutan ketiga komoditas ekspor Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kisatif menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sebesar 20 juta wisman dengan target devisa sebesar 240 tril…
Literatur pariwisata dan rekreasi mengidentifikasi beberapa faktor penentu loyalitas wisatawan terhadap suatu objek wisata, antara lain, experience quality, perceived value, tourist satisfaction, dan tourist motivation. Namun, masih sedikit literatur yang membahas hubungan-hubungan antar variable tersebut. Pada penelitian ini dilakukan studi experiential quality, perceived value, tourist motiva…
Pariwisata di Indonesia sudah mengalami perbaikan pasca Covid-19. Pemerintah lewat Kemenparekraf sudah melakukan upaya untuk membantu destinasi wisata agar dapat mengembalikan jumlah wisatawan. Bali merupakan destinasi wisata yang didukung untuk pemulihan karena jumlah wisatwan yang kembali mengunjugi Bali belum kembali seperti sebelumnya. Wisatawan domestik merupakan potensi besar untuk wilaya…
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan anteseden-anteseden halal destination brand equity dan pengaruhnya terhadap tourist motivation dan travel revisit intention pada 10 destinasi pariwisata halal yang dipilih Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berdasarkan Indonesian Muslim Travel Index 2019. Data penelitian didapatkan dari 413 wisatawan nusantara pada generasi X d…
Adopsi dan penggunaan TikTok telah merajalela di berbagai sektor, termasuk dalam pencarian destinasi kuliner, di mana platform ini menjadi alat penting bagi penggemar kuliner dan pelaku bisnis. Dengan tren eksplorasi kuliner yang beralih dari metode konvensional ke digital, tantangan dan peluang muncul bagi individu dan bisnis dalam industri ini. Memahami faktor-faktor yang memengaruhi pene…
Kendatipun memiliki kontribusi besar pada perekonomian nasional, sektor pariwisata mengalami penurunan yang signifikan selama pandemi COVID-19. Setelah dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan berkaitan dengan pandemi COVID-19, jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) terbukti mengalami bounce back lebih cepat dan secara signifikan dibandingkan wisatawan mancanegara (wisman). Sebagai mo…
Special interest tourism is emerging to replace mass tourism which tends to be monotonous, less attractive, and has a negative impact. As the most active tourists, the millenial generation is interested in special interest tours with photo spots to take pictures and upload them on social media.
Market globalization mempengaruhi pariwisata secara global. Ada penurunan ekonomi, persaingan tang semakin ketat, dan pertumbuhan teknologi baru yang menawarkan peluang dan ancaman. Pariwisata adalah suatu kegiatan dalam masyarakat yang didukung oleh berbagai macam fasilitas dan pelayanan yang tersedia baik oleh masyarakat itu sendiri, pengusaha atau investor, bahkan oleh pemerintah daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara event quality, personal involvement, destination image, tourist satisfaction, dan destination loyalty dalam penyelenggaraan event olahraga berskala besar pada kasus event MotoGP dan World Superbike (WSBK) yang dilaksanakan di Mandalika, Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan wisatawan nusantara (domestik) yang pe…
Agar dapat menyediakan pariwisata ramah-Muslim serta menarik wisatawan Muslim sebagai target utama, pemasar destinasi tidak hanya harus mempertimbangkan atribut umum (generik) yang tersedia pada destinasi, namun mereka juga harus memastikan ketersediaan atribut yang dapat mengakomodir kebutuhan wisatawan Muslim, yaitu atribut Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasif…
Tesis ini mengadopsi dua pendekatan dalam menguji efek polusi udara pada kedatangan wisatawan internasional, yaitu variabel instrumental dan pertumbuhan jangka panjang, dengan menggunakan dataset dari 141 negara pada periode 2010-2017. Temuannya adalah bahwa tingkat polusi udara memiliki pengaruh negatif pada jumlah wisatawan internasional yang berkunjung ke suatu negara. Temuan lainnya adalah …
Pengembangan pariwisata internasional adalah salah satu sektor dunia yang paling dinamis dengan pertumbuhan signifikan, dimana sektor tersebut sangat penting dalam perkembangan ekonomi. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengkaji pasar permintaan pariwisata internasional di Indonesia yang berfokus pada tiga negara Eropa yang memepunyai distribusi besar sebagai wisatawan di Indonesia yang k…
This study analyzes whether there is a spillover effect phenomenon on the tourism sector in each city/district in Central Java Province. In addition, this study wants to find out whether there is a phenomenon of competition effect in each tourism sector. Based on the formulation of the problem, the research objective emerged to find out what factors influence the growth of domestic tourists in …
This study aims to determine how revisit intention of tourists in post-disaster destination is influenced by tourist experience, cognitive destination image, affective destination image, constraint, and perceived destination risk. The sample in this study is international tourists who have visited Bali. Furthermore, data processing was carried out using the Partial Least Square-Structural Equat…
The implementation of halal tourism on the island of Lombok, West Nusa Tenggara has a positive role in increasing regional economic growth, especially from the tourism sector. The implementation of this policy has been implemented with the issuance of Regional Regulation no. 2 of 2016. However, the determinants of Muslim tourists in developing their loyalty to halal tourism destinations on the …
Ada Tabel