Although market responsiveness and firm innovativeness are important aspects of firm performance, little is known about which human resource management (HRM) systems foster these performance aspects and how. Building on prior research, we delineate flexibility-oriented human resource management (FHRM) systems in terms of resource- and coordination-flexibility-oriented HRM subsystems. In additio…
Shopee Paylater adalah layanan pembayaran kredit online yang memungkinkan pengguna membayar produk di Shopee dengan sistem cicilan menggunakan konsep "Buy Now, Pay Later". Layanan ini merupakan bagian dari inovasi dalam dompet digital, yang menghadirkan fitur pembayaran berbasis kredit melalui perangkat seluler. Baik manufaktur maupun layanan keuangan mengembangkan inovasi teknolo…
Perusahaan bahan baku farmasi Indonesia mempunyai posisi penting dalam rantai pasok produk obat, karena 90-95% bahan baku farmasi masih diimpor. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengukur kemampuan perusahaan bahan baku farmasi di Indonesia dalam menjaga rantai pasokannya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan menganalisis dampak External Integration (EI), Supply Chain Agility (SCA), d…
Seiring dengan popularitas topik terkait lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG), konsep ekonomi sirkular saat ini telah memperoleh daya tarik yang luar biasa bagi para akademisi, pembuat kebijakan, dan perusahaan di berbagai industri. Pada tataran perusahaan, konsep ini diimplementasikan melalui konsep yang disebut sebagai model bisnis sirkular. Berbagai inisiatif telah dilakukan oleh beberap…
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat dan pengadopsian layanan Buy Online Pick-up in Store (BOPS) pada konsumen di Indonesia. Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini berdasarkan pada modifikasi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan beberapa dimensi lainnya. Studi ini merupakan cross-sectional dengan melakukan sur…
Layanan pembayaran seluler semakin populer di Indonesia, menawarkan cara yang nyaman dan aman untuk melakukan transaksi digital. Seiring dengan terus berkembangnya penyedia digital di negara ini, minat dalam mengadopsi layanan pembayaran seluler semakin meningkat. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi intention to use layanan ini sangat penting bagi pengembangan layanan pemb…
Tesis ini mengkaji peran Inovasi Merek dan Persepsi Kualitas dalam membentuk Nilai Persepsi di pasar Indonesia. Penelitian ini melibatkan partisipan dari semua jenis kelamin yang berusia di atas 18 tahun, yang diminta untuk mengidentifikasi merek yang memiliki hubungan erat dengan mereka, tanpa memandang industri atau kategori produknya. Data dari 231 responden dianalisis menggunakan perangkat …
Pandemi COVID-19 telah melahirkan era baru di mana ketergantungan pada teknologi digital semakin meningkat dan mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan layanan. Di tengah revolusi digital, salah satu contoh penting adalah munculnya layanan laundry digital sebagai sarana pendukung UMKM laundry. Berdasarkan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang telah diperluas, penelitian ini menggali …
Industri fashion memiliki pertumbuhan yang pesat, hingga muncul istilah "fast-fashion". Dari hal tersebut, industri fashion kemudian menjadi penyumbang besar dalam karbon emisi dan air limbah global. Hal tersebut mendorong hadirnya gerakan sustainable fashion untuk mengurangi limbah fashion. Salah satu pendekatan dalam sustainable fashion adalah secondhand fashion. Di Indonesia, fashion diident…
The innovation of drone for last-mile delivery service modes has considerable potential in Indonesia as a country with the largest e-commerce market size in Southeast Asia. This study aims to explore the influence of motivated consumer innovativeness (MCI), perceived risk, and green image on attitudes and intention to use last-mile drone delivery services. The effect of these influences was tes…
Firms often look for ways to improve the return on investment they earn from costly innovation strategies. The authors investigate a previously unexplored benefit of innovation that occurs when a brand's reputation as a provider of valued new offerings allows it to earn innovation credit, a form of customer-based brand equity. Innovation credit provides brands with the license or latitude to us…
Lingkungan bisnis semakin dinamis dan terus berubah. Perubahan yang cepat akan mengarah pada turbulensi lingkungan yang dapat menyebabkan instabilitas dan ketidakpastian. Kondisi ini menyebabkan kompleksitas dalam perencanaan bisnis. Agar dapat bertahan serta menjaga keunggulan kompetitifnya, organisasi dapat merespon dengan menyusun perencanaan strategis formal yang efektif serta melakukan ino…
Banyak perusahaan besar yang berangsur tenggelam dalam industri karena tersandung masalah inovasi dan adaptasi seperti Blockbuster, Dell, Motorola, Sony, dan Yahoo. Teori consumer innovativeness dan disruptive innovation mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan karakteristik pada early adopter dalam jenis inovasi yang berbeda. Penelitian ini menemukan bahwa early adopter inovasi disruptive memi…
Technology readiness is the tendency of an individual to embrace and use new technology. Based on previous studies, the two drivers of Technology Readiness?Optimism and Innovativeness?are able to strongly predict technology use. In addition, consumers? motivation to use technology, which is divided into hedonic motivation and utilitarian motivation, is also a predictor of technology use in many…
Ada Tabel
Penelitian ini berfokus pada intensi pembelian konsumen generasi X yang sebagian besar memiliki daya beli yang kuat. Dalam melakukan analisis, model intensi pembelian online yang disajikan dalam penelitian ini merupakan model yang relatif baru dengan mengintegrasikan model TAM (Technology Acceptance Model) dengan determinan tambahan dan menambahkan habitual online usage sebagai mediator baru. B…
Tujuan penelitian ini adalah melihat apakah faktor atau determinan yang mempengaruhi kepuasan (satisfaction) konsumen ketika membeli paket wisata dari website. Studi ini berfokus pada sebelas website penyedia paket wisata dan website tersebut termasuk dalam kategori desain website terbaik versi argiacyber. Penelitian ini menggunakan variabel e-customer satisfaction sebagai variabel mediator yan…