Dengan pertumbuhan Internet dan teknologi selama bertahun-tahun, telah terjadi pergeseran dalam cara penjual dan pembeli yang terlibat di pasar berinteraksi. Salah satu perkembangan yang disebutkan di atas disebut streaming langsung, yang melibatkan individu yang menyiarkan video langsung atau real-time tentang apa pun yang mereka inginkan di Internet. Dalam hal ini, penjual yang menggunakan st…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik Mythia Batford terhadap niat pembelian produk kolaborasi dalam konteks live-streaming commerce di YouTube. Karakteristik yang diteliti meliputi likeability, animacy, dan responsiveness, yang dimediasi oleh social presence dan telepresence untuk memengaruhi niat beli penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif den…
Banyak perusahaan bisnis yang go digital mulai mengurangi orang sebagai front office dan menggunakan robot sebagai penggantinya. Robot yang dapat berkomunikasi seperti manusia dibutuhkan untuk mendukung perubahan menuju digital, dimana pengguna tetap mendapatkan kualitas layanan yang sama seperti ketika dengan customer service (antropomorfisme). Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan a…
Fesyen memiliki kaitan yang luas dengan simbol visual, terutama di era ekonomi digital. Penelitian ini mengeksplorasi interaksi antara persepi simbol visual digital dengan kehadiran sosial, kegembiraan kolektif, identitas budaya, dan niat pembelian ulang, serta pengaruh moderasi dari identitas budaya dan melihat perbandingan hasil penelitian pada merek fesyen lokal dan merek fesyen global. Surv…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming interaction dan emotional visual elements terhadap sustained engagement behavior pengguna social commerce. TikTok LIVE telah berkembang menjadi platform populer yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara real-time, menciptakan hubungan yang lebih dalam dan autentik antara streamer dan pengikut. Studi ini menggunakan p…
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh karakteristik interaksi sosial terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce. Atas dasar parasocial interaction dan social presence yang bisa diciptakan live streaming commerce, peneliti mengidentifikasi pengaruh karakteristik interaksi sosial konsumen berupa sense of loneliness, real-life social avoidance, empathy ability, dan mutual assista…
Perkembangan teknologi tengah mengalami kemajuan pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia khususnya di integrasi Artificial Intelligence (AI) di berbagai sektor, salah satunya adalah penggunaan virtual influencer sebagai social media endorser. Penelitian ini menganalisis pengaruh Virtual Influencer’s Perceived Anthropomorphism terhadap Satisfaction With Experience dan Purchase Intention yang…
Pekerjaan lapangan audit bergeser dari on-site ke remote audit karena alasan pembatasan anggaran, pembatasan transportasi, dan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Remote audit merupakan kegiatan audit yang dilakukan sebagian atau seluruhnya di luar lokasi objek audit. Namun, remote audit mengurangi kualitas dari sikap skeptisisme profesional auditor dikarenakan ketidakhadiran secara fi…
Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan memiliki lebih banyak pilihan dalam pemilihan media untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Salah satu media yang mudah dicapai adalah media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk menilai interaksi konten yang dihasilkan perusahaan (firm generated content) di platform Facebook terhadap hubungan antara social presence dan loyalitas perusahaa…