Penelitian ini mengkaji pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM), kepedulian terhadap lingkungan (environmental concern), dan kepedulian terhadap kesehatan (health concern) terhadap niat pembelian produk perawatan kulit ramah lingkungan di Indonesia dengan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Fokus penelitian ini adalah Generasi Z dengan usia 18–28 tahun, berdomisili di Indonesia, akt…
Perkembangan smart technologies telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan layanan, khususnya di industri makanan dan minuman (F&B), yang mulai mengadopsi menu QR code sebagai solusi inovatif untuk menggantikan menu cetak tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi consumers’ intention dalam menggunakan menu QR code di industri F&B dengan m…
Di Indonesia, polusi udara semakin memburuk dengan bertambahnya jumlah kendaraan roda empat. Mobil listrik merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menurunkan tingkat polusi udara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli mobil listrik dengan menggunakan model yang menggabungkan Theory of Planned Behavior (TPB), Norm Activation Model (N…
Pariwisata halal di Indonesia semakin berkembang setelah pelonggaran aturan lockdown dan pembatasan perjalanan. Pengembangan pariwisata berkelanjutan juga menjadi penting, mengingat meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan (sustainability). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi untuk mengunjungi green halal tourism pada masyarakat muslim di Indonesia.…
Indonesia, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, memiliki potensi zakat yang tinggi, tetapi pencapaian aktual jauh di bawah potensinya menurut data dari BAZNAS. Gen Z dan Milenial, dikenal sebagai generasi yang cenderung melakukan donasi, dan Jabodetabek sebagai kota-kota dengan tingkat pengumpulan zakat terbesar, menjadi fokus dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini ber…
Maraknya isu lingkungan telah membuat masyarakat lebih banyak mengonsumsi produk hijau, salah satunya kosmetik hijau (green cosmetics) yang tidak hanya ramah lingkungan namun sejalan dengan prinsip syariah. Namun demikian, penjualan kosmetik hijau di Indonesia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian produ…
Skripsi ini membahas mengenai faktor-faktor yang memengaruhi intensi konsumen untuk menonton Film Lokal di Bioskop. Penelitian ini didasarkan pada framework dari theory of planned behavior (TPB). Konstruk-konstruk pada TPB, seperti attitude, subjective norm, perceived behavior control, diadopsi pada penelitian ini untuk melihat apakah terdapat pengaruh signifikan pada intensi, terlebih dalam ko…
Penggunaan pinjaman fintech yang meningkat signifikan membuktikan kuatnya peran non-bank dalam memberikan inovasi pelayanan pembayaran dan fasilitas dana tunai secara online. Beberapa akademisi telah mempelajari mekanisme pengaruh niat seseorang dalam menggunakan fintech, namun belum banyak yang spesifik meneliti fokus pada satu jenis fintech yaitu pinjaman fintech. Penelitian ini bertujuan unt…
Daging sapi bagi masyarakat Indonesia merupakan salah satu di antara 10 kebutuhan pokok lainnya yang permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Harga daging sapi cenderung tinggi dan menjadi tidak terkendali terutama pada hari besar keagamaan, oleh karena ketersediaan daging sapi nasional yang tidak mampu mencukupi permintaan tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah sela…
Daging sapi bagi masyarakat Indonesia merupakan salah satu di antara 10 kebutuhan pokok lainnya yang permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Harga daging sapi cenderung tinggi dan menjadi tidak terkendali terutama pada hari besar keagamaan, oleh karena ketersediaan daging sapi nasional yang tidak mampu mencukupi permintaan tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah sela…