Meningkatnya penggunaan e-commerce di Indonesia merupakan kontributor utama perekonomian digital negara, dan oleh karena itu berbagai situs belanja online telah menggunakan program loyalitas untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan serta membuat mereka datang kembali ke situs e-commerce. Loyalitas dan kepercayaan pelanggan dapat berwujud kunjungan berulang ke situs e-commerce (sit…
Penelitian ini secara umum menggunakan investment model dalam konteks media sosial untuk menyelidiki pengaruh keceriaan dan keahlian konten seorang influencer terhadap niat pengguna media sosial untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan oleh influencer favorit mereka. Secara khusus, penelitian akan membandingkan efektivitas endorsement antara micro-influencer dan mega-influencer. Stud…
Seiring perkembangan e-commerce yang terus berlanjut, peran platform media sosial telah berkembang secara signifikan menjadi sebuah marketplace yang dapat memiliki kekuatan tersendiri dalam mendominasi pasar atau disebut social commerce. Dalam konteks ini, keberadaan digital celebrities di media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen, melalui dukungan dan interaksi …
Penelitian ini berfokus pada analisis peran Indonesia sebagai anggota G20 pasca KTT G20 2022 yang diselenggarakannya, dengan menggunakan analitik data canggih. Penelitian ini menyelidiki bagaimana penyelenggaraan acara seperti KTT G20 mempengaruhi kedudukan ekonomi dan politik Indonesia, serta kesesuaiannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan kawasan ASEAN. Studi ini menggunakan …
-
Laporan tahunan merupakan dokumen resmi yang dipublikasikan oleh perusahaan, organisasi, ataupun Lembaga kementrian untuk menyajikan informasi terkait kinerja dan kondisi organisasi. Menganalisis laporan tahunan memerlukan banyak waktu karena dokumen memuat jumlah halaman dan kata yang sangat banyak. Maka dari itu terdapat metode yang dapat menganalisis dengan cepat dan objektif dengan bidang i…
One-stop platform transaksi saham memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan teknologi dalam dunia saham, namun fitur-fitur yang ditawarkan mampu mengubah perilaku investor dalam melakukan transaksi saham. Penelitian ini menyelidiki pengaruh fitur “stream” sebagai media User Generated Content (UGC) serta hubungan antara fenomena Fear of Missing Out (FoMO) dengan financial literacy in…
Fueled by the relentless disruption of emerging digital technologies, businesses are under pressure to adapt through digital transformation. However, research on digital transformation in the context of an emerging economy like Indonesia is still scarce, creating a knowledge gap. This study aims to bridge this gap by leveraging dynamic capabilities theory. The study explores how digital transfo…
Munculnya ekonomi Industri 4.0 telah meningkatkan penggunaan Business Analytics (BA) sebagai alat bisnis strategis, tetapi adopsinya tidak merata di seluruh negara. Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk mengadopsi BA di perusahaan-perusahaan Zimbabwe dengan menggunakan model Technology – Organization – Environment (TOE) dan Technology – Acceptance Model (TA…
Industri kuliner di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan, didorong oleh globalisasi, perubahan perilaku konsumen, dan kesadaran akan keberlanjutan. Data Badan Ekonomi Kreatif menunjukkan kontribusi kuliner sebesar 41,4% terhadap ekonomi kreatif pada 2016. Penelitian ini mengkaji pengaruh karakteristik influencer media sosial (intimate self-disclosure, environmental concern, dan spending s…
Meskipun terdapat upaya global menuju keberlanjutan, dengan Indonesia yang juga berpartisipasi di dalamnya, masyarakat dengan tingkat sosioekonomi rendah yang merupakan mayoritas, menimbulkan tantangan karena adanya hambatan dan resistensi dalam memastikan keberhasilan inisiatif keberlanjutan tersebut. Studi ini menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi adopsi perilaku hijau, khususnya pada pe…
Perencanaan kebutuhan listrik di Indonesia sangat penting dilakukan dengan hati-hati karena listrik adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Penelitian ini akan menganalisa hubungan antara faktor sosial ekonomi yaitu jumlah penduduk, tarif listrik, gdp regional, upah minimum regional dan inflasi dengan variabel terikat yaitu permintaan listrik disetiap provinsi di Indonesia. Metode yang di…
Kemampuan sebuah perusahaan untuk bertahan dalam kompetisi di industri yang dijalani akan sangat membantu untuk keberlangsungan perusahaan. Seperti kebanyakan UMKM lainnya, terdapat tantangan yang saat ini dihadapi oleh Klinik A+ Dental Care. Dengan dilakukannya proses Business Coaching bertujuan untuk membantu memperbaiki sistem pada Klinik A+ Dental Care agar perusahaan ini dapat lebih bertah…
Dalam menghadapi persaingan industry e-commerce yang semakin ketat, Shopee sebagai salah satu e-commerce dengan jumlah kunjungan situs tertinggi telah mengadopsi penggunaan teknologi augmented reality pada fitur BeautyCam dan SkinCam. Dengan adanya mobile applications yang mendukung fitur augmented reality, pemasar dan perusahaan dapat memberikan informasi rinci kepada konsumen, dan mempengaruh…
Pengguna media sosial tumbuh signifikan hingga mencapai 60% penduduk Indonesia. Di antara pengguna tersebut adalah Pandawara Group, influencer media sosial ramah lingkungan yang terkenal dengan aktivisme lingkungannya di platform media sosial seperti TikTok dan Instagram. Pandawara Group memperoleh popularitas dalam waktu singkat karena kontennya yang unik dan saat ini memiliki 10 juta pengikut…
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat dan berdampak pada peningkatan kebutuhan masyarakat akan produk-produk peralatan elektronik home appliances. Namun, penggunaan produk-produk home appliance ini juga berdampak pada lingkungan. Oleh karena itu, produsen, regulator, dan marketers membutuhkan pemahaman untuk bagaimana konsumen yang sadar lingk…
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana peran serta pengaruh dari religiusitas, consumer animosity dan consumer ethnocentrism terhadap penilaian produk Starbucks Indonesia yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen setelah konflik Israel-Palestina kembali pecah di akhir tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan objek penelitian untuk pengumpul…
Literatur pariwisata dan rekreasi mengidentifikasi beberapa faktor penentu loyalitas wisatawan terhadap suatu objek wisata, antara lain, experience quality, perceived value, tourist satisfaction, dan tourist motivation. Namun, masih sedikit literatur yang membahas hubungan-hubungan antar variable tersebut. Pada penelitian ini dilakukan studi experiential quality, perceived value, tourist motiva…
Peer to Peer Lending Syariah adalah alternatif solusi pembiayaan baru di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah dan dilakukan secara digital melalui internet, yang melibatkan pemberi pinjaman/investor dan peminjam/debitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat berinvestasi pada Peer to Peer Lending Syariah di Indonesia. Mengingat Peer to Peer Lending…
Industri fesyen adalah salah satu kontributor utama pada sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Produk domestik bruto (PDB) industri tekstil dan pakaian jadi mencapai Rp35,17 triliun pada kuartal II tahun 2022. Tren fesyen di Indonesia pada mulanya banyak mengadaptasi gaya busana masyarakat luar negeri. Namun tren ini mulai bergeser dengan munculnya banyak merek lokal yang mulai dikenal oleh masy…